Events

Inilah Motor yang Paling Sering Menaklukan Sachsenring

Lima musim terakhir, Marc Marquez berhasil memenangi balapan di Sachsenring. Bersama Honda apakah ia akan menguatkan rekornya?

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Marc Marquez Menunggangi RC213V 2018/pixabay.com
Marc Marquez Menunggangi RC213V 2018/pixabay.com

Mobimoto.com - Bicara soal MotoGP, tentu kita tidak hanya bicara mengenai nama-nama pembalapnya saja seperti Valentino Rossi, Marc Marquez atau Jorge Lorenzo.

Tapi kita juga tentu akan mengetahui tentang tunggangan mereka, tak jarang kita malah mengidolakan pabrikan motornya.

Sebut saja Yamaha, Honda dan Ducati yang terus saling beradu kekuatan mesin dan teknologi tiap tahunnya.

Jelang lanjutan seri balap MotoGP yang akan diadakan di Sachsenring Jerman, Marc Marquez turun sebagai pembalap yang bisa menaklukan Sachsenring dalam lima musim terakhir.

Kemenangan Marquez di lima musim terakhir berarti juga menjadi kemenangan Honda karena telah berhasil menyatukan mesin dan teknologi canggihnya dengan gaya balap Marquez.

Apakah Honda benar-benar berjaya di Sachsenring? Atau hanya karena Marquez saja? Berikut mobimoto sajikan pabrikan yang paling banyak memenangi race di Jerman.

Sejak 1961, MV Agusta jadi pabrikan yang paling banyak menaklukan sirkuit yang panjang lintasannya mencapai 3.7 Kilometer.

Total MV Agusta telah memenangi 11 kali balapan di Sachsenring sejak 1961 hingga 1972. Tercatat hanya sekali pabrikan asal Italia ini gagal memenangi balapan di tahun 1966.

MV Agusta/pixabay.com
MV Agusta/pixabay.com

Lalu sejak 1998 hingga sekarang, Sachsenring paling sering dimenangi oleh pabrikan motor asal negeri sakura, Jepang.

Honda menjadi pabrikan yang paling banyak menaklukan Sachsenring dengan beberapa pembalap andalannya.

Mulai dari Mick Doohan pada 1998, lalu ada Valentino Rossi di tahun 2002, ada juga nama Sete Gibernau dan Max Biaggi yang menang di musim 2003 dan 2004.

Dan sejak musim 2007, Dani Pedrosa dan Marc Marquez saling bergantian menaiki podium juara bersama Honda.

Marc Marquez/pixabay.com
Marc Marquez/pixabay.com

Apakah musim ini Honda akan menggenapkan kedigdayaannya di Sachsenring menjadi 15 kali? Apalagi kabarnya musim ini bakal menjadi musim terakhir Sachsenring menggelar ajang balap MotoGP.

Berita Terkait

Berita Terkini