Events

Valentino Rossi: Yamaha Harus Merespon Seperti 2004

"Pada 2004 Yamaha jauh lebih buruk dari sekarang." ujar Valentino Rossi.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Valentino Rossi. (Instagram/@valeyellow46)
Valentino Rossi. (Instagram/@valeyellow46)

Mobimoto.com - Setelah permintaan maaf Yamaha setelah sesi kualifikasi Sabtu, Valentino Rossi meminta pabrik untuk memberikan 'reaksi keras'.

Valentino Rossi mengalami kualifikasi terburuk sejak Philips Island 2016 di mana pada saat itu, Vale juga start dari posisi 14.

Dengan Maverick Vinales yang juga start dari posisi 11, ini merupakan pertama kalinya kedua pembalap pabrikan Yamaha harus memulai balapan dari posisi diluar sepuluh besar. Hal ini terakhir kali terjadi ketika 2008.

Tapi Rossi tidak terlalu terkejut. Rossi telah menyoroti kelemahan Yamaha terutama dalam hal akselerasi.

"Tahun lalu, Honda dan Ducati memiliki performa tidak sebaik tahun ini. Saya merasa tidak nyaman menggunakan sasis, sisi mekanis dari motor ini." kata Valentino Rossi.

"Tahun ini saya merasa distribusi beban pada motor lebih baik, namun Honda dan Ducati membuat langkah besar yang tidak bisa diikuti Yamaha."

Namun Valentino Rossi menganggap situasi yang lebih buruk pernah terjadi pada tahun 2004.

"Yamaha tahun 2004 jauh lebih buruk daripada sekarang, tapi dalam satu tahun mereka bereaksi sangat kuat dan menghasilkan M1 terbaik yang pernah saya kendarai setahun kemudian."

Valentino Rossi pada GP Assen 2005. (www.motorcyclenews.com)
Valentino Rossi pada GP Assen 2005. (www.motorcyclenews.com)

 

Peningkatan itu menurut Rossi membutuhkan dana dan perubahan di struktur organisasi, seperti pada tahun 2004.

"Mereka merubah susunan organisasi, menghasilkan lebih banyak uang dan dalam satu tahun mereka mampu membuat M1 2005 yang menurut saya adalah M1 terbaik."

Rossi yang bisa finish di posisi keempat pada GP Ceko mengatakan bahwa masalah Yamaha di Austria adalah tekanan yang dialami oleh ban belakang saat keluar tikungan.

"Zarco yang memiliki gaya berkendara berbeda mampu berada di posisi lebih baik dari saya dan Maverick." ujar pembalap bernomor 46 itu.

"tetapi kami harus bekerja untuk balapan di Austria. Kami harap nanti terjadi dry race dan kami akan mencoba sesuatu yang lain, memberikan yang terbaik untuk mengambil beberapa poin di kejuaraan" pungkas Valentino Rossi.

Berita Terkait

Berita Terkini