Events

Fernando Alonso Pensiun dari Formula 1

Fernando Alonso mengakhiri 17 tahun karirnya di Formula 1 akhir musim 2018 nanti.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

Fernando Alonso. (eurosport.co.uk)
Fernando Alonso. (eurosport.co.uk)

Mobimoto.com - Formula 1 musim 2018 sudah memasuki paruh musim, dan sudah banyak tim yang mengumumkan siapa pebalap mereka untuk musim 2019. Begitu juga Fernando Alonso yang baru saja mengumumkan bahwa dirinya tidak akan ikut serta Formula 1 musim 2019.

Dikutip dari crash.net, pebalap 37 tahun itu mengatakan "Setelah 17 tahun menggeluti olahraga yang luar biasa ini, sekarang adalah waktunya melakukan perubahan. Aku sangat menikmati setiap menit di musim ini dan aku takkan cukup mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang telah berkontribusi,"

"Masih ada beberapa grand prix lagi musim ini dan aku akan menjadi bagian dari sisa musim ini dengan komitmen dan semangat yang lebih dari biasanya," Fernando Alonso melanjutkan.

Ia menambahkan "Mari kita lihat ada apa di masa depan, tantangan baru yang lebih menyenangkan. Aku memiliki waktu terbaik sepanjang hidupku tapi aku butuh sebuah tantangan baru,"

Kabarnya pebalap asal Spanyol ini dihubungkan dengan kepindahannya ke Verizon IndyCar Series di musim 2019.

Menanggapi hal itu, Zak Brown, CEO McLaren mengatakan "Fernando Alonso bukan sekadar ambassador untuk McLaren tapi juga untuk Formula 1. Sepanjang 17 tahun di Formula 1, bisa dibilang dia adalah yang paling unggul di generasinya dan tanpa ragu lagi turut meramaikan sejarah Formula 1,"

"Ini waktunya untuk semua orang melakukan perubahan dan Fernando Alonso memutuskan untuk mengakhiri musim ini. Kami menghormati keputusannya," Kata Zak Brown.

Fernando Alonso melakukan debutnya di Formula 1 pada 2001 dengan Minardi sebelum bergabung dengan Renault pada musim 2003.

Dua kali sudah ia menjadi juara dunia Formula 1 bersama Renault di musim 2005 dan 2006. Sempat membela McClaren selama satu tahun lalu kembali lagi ke Renault di musim 2009.

Musim 2010 hingga 2014, Fernando Alonso membalap untuk Ferrari sebelum kembali lagi ke McLaren.

Meski tidak akan berlaga lagi di Formula 1 musim 2019, Fernando Alonso belum akan meninggalkan dunia balap mobil karena ia akan tetap berlaga di FIA World Endurance Championship dengan tim Toyota Gazoo Racing.

Berita Terkait

Berita Terkini