Events

Franco Morbidelli Gunakan Motor Spek Pabrikan Musim Depan

Franco Morbidelli yang akan bergabung bersama tim satelit Yamaha akan mendapat jatah motor dengan spesifikasi pabrikan.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo dipinang Yamaha SIC Racing. (paultan.org)
Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo dipinang Yamaha SIC Racing. (paultan.org)

Mobimoto.com - Tim satelit Yamaha musim 2019, Petronas Yamaha Sepang Racing Team, mengumumkan formasi pembalap mereka pada musim 2019.

Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo diketahui akan membalap dibawah panji bendera tim yang disponsori perusahaan minyak dan gas Malaysia, Petronas ini.

Menurut Lin Jarvis selaku pimpinan tim, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo memiliki potensi untuk menjadi pembalap unggulan ke depannya.

''Mereka memiliki bakat untuk menjadi pembalap terdepan di masa depan. Kami harus memberi mereka kesempatan.'' ujar Jarvis.

Selain itu, Franco ditengarai akan mendapatkan motor dengan spesifikasi pabrikan, sama seperti yang akan digunakan oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Hal itu berarti Franco Morbidelli akan sejajar dengan 'pembalap ketiga' seperti Cal Crutchlow di tim LCR Honda dan Jack Miller di tim Ducati.

Franco Morbidelli (paultan.org)
Franco Morbidelli (paultan.org)

 

Sebutan 'pembalap ketiga' adalah pembalap yang mendapatkan motor spesifikasi pabrikan, namun bernaung di bawah tim satelit, seperti halnya tiga pembalap tadi.

Berbeda dengan Franco Morbidelli, Fabio Quartararo akan mendapatkan motor dengan spesifikasi tim pabrikan musim lalu. Sama seperti pembagian 'jatah' motor yang diterima oleh tim satelit Yamaha saat ini, Yamaha Tech 3.

Menurut Lin Jarvis, perbedaan motor dengan spek A (yang diperoleh Franco Morbidelli) dengan spek B (yang diperoleh Fabio Quartararo) bertujuan untuk efisiensi biaya.

''Ada perbedaan signifikan mengenai harga pada motor spek A dan spek B.'' ujar Jarvis.

''Hal itu dipengaruhi oleh jumlah mesin yang akan digunakan, penelitian untuk pengembangan, dan lain lain.'' ungkapnya.

Menurut Jarvis, motor Yamaha musim depan akan 'mudah' dikendarai.

''Motor ini mudah untuk dikendalikan, Franky akan cocok menggunakan motor ini,'' imbuh Jarvis.

''Di sisi lain, Fabio pantas menggunakan motor spek B, karena dia belum butuh teknologi terbaru, dia harus banyak melakukan adaptasi dan banyak belajar mengenai situasi di MotoGP.'' imbuhnya.

Petronas Yamaha Sepang Racing Team akan memulai debutnya di Valensia dan Jeres pada November dan penggunaan mesin final di Januari 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini