Events

Fitur 'Halo' di Mobil Formula 1 Selamatkan Charles Leclerc

Fitur 'Halo' ini sempat diperdebatkan karena masalah estetika.

Dany Garjito | Praba Mustika

Fitur 'Halo' pada Mobil Formula 1. (racedepartment)
Fitur 'Halo' pada Mobil Formula 1. (racedepartment)

Mobimoto.com - Formula 1 GP Belgia diwarnai dengan insiden kecelakaan di tikungan pertama sirkuit Spa-Francorchamps yang melibatkan setidaknya tiga pebalap, Nico Hulkenberg, Fernando Alonso dan Charles Leclerc.

Tapi kecelakaan tersebut seolah membuktikan bahwa penambahan fitur 'Halo' di mobil Formula 1 adalah tepat.

Desain 'Halo' baru digunakan di Formula 1 musim 2018 ini. Dianggap tidak estetis, 'Halo' bahkan sempat ditentang.

Gambar Mobil Charles Leclerc Saat dan Setelah Insiden di GP Belgia. (Instagram/@charlesleclercfan)
Gambar Mobil Charles Leclerc Saat dan Setelah Insiden di GP Belgia. (Instagram/@charlesleclercfan)

 

Insiden bermula ketika pebalap Renault Sport Formula One Team, Nico Hulkenberg telat melakukan pengereman sehingga menubruk mobil Fernando Alonso.

Imbasnya, mobil yang dikendarai Fernando Alonso tidak dapat dikendalikan hingga melompat tepat di atas mobil Charles Leclerc.

Dari video yang diunggah oleh akun resmi Formula 1 di Twitter, memperlihatkan bagaimana jika tidak ada fitur 'Halo' pada mobil pebalap, mungkin Charles Leclerc sudah mengalami cedera yang sangat parah.

Dilansir Mobimoto.com dari roadandtrack, Fernando Alonso mengatakan bahwa fitur 'Halo' pada mobil Formula 1 sangat diperlukan untuk meminimalisir dampak cedera.

''Sisi positifnya kami bertiga baik-baik saja, terutama Charles Leclerc. Aku terbang melewati mobilnya dan 'halo' benar-benar melindunginya.'' Ungkap Fernando Alonso.

Terlepas dari sisi estetis, fitur 'Halo' pada mobil pebalap Formula 1 memang terbukti bisa meminimalisir bahkan melindungi pebalap dari kecelakaan parah seperti yang dialami Nico Hulkenberg, Fernando Alonso dan Charles Leclerc.

Berita Terkait

Berita Terkini