Events

Rossi: Ducati & Honda Contek Yamaha!

"Mereka meniru karakter lembut dari Yamaha." ujar 'The Doctor'.

Rauhanda Riyantama | Cesar Uji Tawakal

Valentino Rossi saat GP San Marino. (Twitter/@MotoGP)
Valentino Rossi saat GP San Marino. (Twitter/@MotoGP)

Mobimoto.com - Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi, mengklaim bahwa Ducati dan Honda 'meniru' Yamaha. Menurut Rossi, kedua tim rival Yamaha tersebut berusaha membuat motor yang memiliki karakter lembut seperti Yamaha M1.

Dibandingkan hal itu, perkembangan radikal yang dilakukan Yamaha hanyalah penggunaan mesin empat silinder segaris atau biasa disebut mesin 'inline', di mana mesin tersebut dikombinasikan dengan teknologi 'crossplane'. Teknologi ini pun sudah digunakan Yamaha sejak 2004.

Baik Ducati dan Honda mencoba meniru 'crossplane' Yamaha menggunakan 'big-gang' dan 'counter-rotating crankshaft' yang mana inti dari semua teknologi tersebut adalah letupan pembakaran mesin yang 'acak', demi menghasilkan tenaga yang lebih 'galak'. Apakah Yamaha yang mulai ketinggalan oleh kemajuan para rivalnya harus berbenah secara ekstrim? Berikut penuturan 'The Doctor'.

Rossi mengungkapkan perlunya perubahan pada sektor mesin. Menurutnya mesin tersebut adalah sebab ketertinggalan Yamaha.

Marc Marquez dan Valentino Rossi (motorsport.com)
Marc Marquez dan Valentino Rossi (motorsport.com)

 

''Mungkin masalahnya adalah mesin, bisa dikatakan Ducati dan Honda belajar dari Yamaha yang memiliki karakter lembut, sementara Ducati dan Honda memiliki mesin yang agresif.'' ujar Vale, sapaan akrab Valentino Rossi.

''Mereka meniru kami, namun mereka memiliki 'V-engine' yang memiliki tenaga lebih dibandingkan mesin 'inline' kami. Bisa jadi itu masalah, namun saya kurang tahu.'' kata pembalap Italia ini.

''Saya bukan teknisi, saya tidak tahu seberapa perlu Yamaha melakukan perubahan mesin.'' imbuhnya.

''Ketika motor punya daya cengkeram, motor kami adalah salah satu motor terbaik. Namun kami punya masalah elektronik yang mana membuat kami kekurangan daya cengkeram. Saya melalui 100 putaran dan tidak pernah melakukan kesalahan di tikungan pada sesi latihan bebas, namun hari Minggu, saya melakukan kesalahan di dua-tiga tikungan.'' ujar Vale dikutip dari Crash.

Selain Yamaha, cuma Suzuki yang menggunakan mesin inline. Sementara selain tim yang sudah disebutkan, KTM dan Aprilia menggunakan 'V-engine'.

Berita Terkait

Berita Terkini