Events

Selain Helm Setipe, Ini Beberapa Aturan Baru MotoGP 2019

Apa saja ya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

MotoGP 2018. (Instagram/@motogp).
MotoGP 2018. (Instagram/@motogp).

Mobimoto.com - MotoGP tinggal menyisakan satu balapan lagi. Balapan terakhir tersebut akan diselenggarakan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Jelang balapan terakhir tersebut, pihak penyelenggara balap telah merilis beberapa peraturan baru yang akan efektif mulai musim depan.

Aturan tersebut mencakup penyeragaman helm yang akan digunakan oleh para pembalap. Selain itu, aturan apa saja yang baru? Berikut uraiannya.

1. Analisis Data

Direktur teknis MotoGP diperbolehkan untuk mengunduh data motor langsung dari ECU (Electronic Control Unit) ke 'Komputer Resmi' dengan tujuan untuk memverifikasi adanya modifikasi atau pengeditan data dari data asli motor yang mencegah manipulasi data untuk mengakali aturan MotoGP. Setelah data sesuai dengan regulasi FIM maka data akan segera dihapus dari komputer resmi tersebut.

2. ECU

Setelah penyeragaman ECU yang dilakukan beberapa tahun lalu, kali ini regulasi diperketat. Pada musim depan, setiap tim hanya menggunakan perangkat elektronik yang berupa ECU dan IMU resmi mana juga tidak boleh di utak-atik atau dimodifikasi atau diberi tambahan. Tidak cuma diseragamkan seperti sebelumnya.

ECU Magneti Marelli. (roadracingworld.com)
ECU Magneti Marelli. (roadracingworld.com)

3. Waktu Tunggu

Jeda waktu antara pengumuman suhu lingkungan resmi dan mulainya balapan ditambah, dari 60 menit menjai 75 menit. Hal ini agar tim memiliki waktu lebih untuk melakukan persiapan balap dengan mengisi bahan bakar.

4. Komponen Rem

Spesifikasi selang rem dan silinder master rem juga diatur ulang.

5. Denda Ngebut di Pit Lane

Saat ini, jika ketahuan ngebut di area pit lane maka dendanya adalah sebesar 200 Euro, kedepannya denda ini akan ditambah, terutama jika si pelanggar melakukannya berulang-ulang.

Berita Terkait

Berita Terkini