Events

Alex Rins Susah Payah, Andrea Dovizioso Jadi Juara

Andrea Dovizioso tampil superior setelah start ulang.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Andrea Dovizioso Keluar Sebagai Juara di MotoGP Valencia. (Twitter/MotoGP)
Andrea Dovizioso Keluar Sebagai Juara di MotoGP Valencia. (Twitter/MotoGP)

Mobimoto.com - MotoGP Valecia yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo harus dihentikan sementara dan memaksa pembalap melakukan start ulang di lap ke-14.

Alex Rins yang sejak awal balapan tampil impresif dan memimpin balapan, berhak memulai balapan dari pole position, diikuti Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Selepas start ulang, pembalap Suzuki Ecstar masih tampil cukup dominan dengan memimpin jalannya balapan.

Mulai ragu dengan sepeda motornya, Alex Rins seperti kehilangan percaya diri dan malah dengan mudah disusul oleh Andrea Dovizioso di lintasan lurus.

Meski begitu, pembalap Spanyol tersebut masih tetap berusaha menjaga jarak waktu dengan Andrea Dovizioso.

Pada lap ke-15, jelang garis finis Pol Espargaro dengan percaya diri mendahului Dani Pedrosa di tikungan.

Terlihat Suzuki GSX-RR tunggangan Alex Rins mulai kehilangan grip, dan berimbas pada penampilan Alex Rins yang tidak lagi agresif menempel pembalap Ducati.

Lap ke-18, Andrea Dovizioso malah terlihat semakin pede dan melebarkan jarak dengan Alex Rins. Pun dengan Valentino Rossi yang perlahan tapi pasti menempel ketat Rins.

Di lap ke-19, The Doctor berhasil menyusul Alex Rins di tikungan, membuat Alex Rins turun ke posisi ketiga.

Namun begitu, Andrea Dovizioso sanggup untuk terus memperlebar jarak dengan Valentino Rossi dan Alex Rins.

Tak kalah seru, perebutan posisi kelima antara Dani Pedrosa dan Danilo Petrucci juga cukup memancing perhatian. Menjelang tikungan ke-8, Petrucci sempat menyusul Dani Pedrosa sebelum kembali disusul oleh pembalap Honda itu.

Sementara Valentino Rossi membalap lebih berani, Alex Rins terlihat semakin kepayahan dengan kondisi lintasan dan sepeda motornya, membuat jaraknya dengan The Doctor semakin lebar.

Tampil agresif, ternyata tidak begitu bagus buat pembalap nomor 46. Pada tikungan ke-12 di lap ke-23, Valentino Rossi terjatuh dan membuat Alex Rins kembali ke posisi kedua.

Valentino Rossi Terjatuh. (Twitter/MotoGP)
Valentino Rossi Terjatuh. (Twitter/MotoGP)

Beruntung bagi The Doctor karena masih sanggup melanjutkan balapan, meski harus kehilangan posisi hingga urutan ke-13.

Lap ke-24 terlihat jarak yang cukup jauh antar pembalap di tiga besar. Andrea Dovizioso terlihat nyaman pimpin balapan, sementara itu Alex Rins bermain lebih hati-hati lagi. Hanya Pol Espargaro saja yang masih tampil cukup agresif.

Jika Andrea Dovizioso terlihat semakin nyaman, sebaliknya dengan Alex Rins yang semakin kesulitan mengontrol motornya. Pol Espargaro yang ada di posisi ketiga bahkan pelan-pelan sudah memangkas jarak waktu dengan pembalap Suzuki.

Balapan berakhir dengan Andrea Dovizioso berada di posisi pertama, diikuti Alex Rins dan Pol Espargaro masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu The Doctor harus rela finis di posisi 13, tepat di belakang Jorge Lorenzo.

Berita Terkait

Berita Terkini