Events

Aturan Baru MotoGP, Bikin Balapan Makin Seru?

Apa saja ya yang baru?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustraasi Melintasi Garis Finis. (Twitter/@MotoGP)
Ilustraasi Melintasi Garis Finis. (Twitter/@MotoGP)

Mobimoto.com - Bingungnya para pembalap saat melakoni balapan penutup GP Valencia menjadi satu dari banyak faktor yang memicu adanya beberapa perubahan aturan di MotoGP. Pihak penyelenggara balap telah merilis beberapa aturan baru yang meliputi di antaranya mengenai aturan finis, memulai ulang balapan dan alokasi ban.

Berikut adalah beberapa aturan baru yang berubah jelang musim 2019.

Cal Crutchlow berduel melawan Maverick Vinales. (motogp.com)
Cal Crutchlow berduel melawan Maverick Vinales. (motogp.com)

 

1. Melanjutkan balapan.

Penyelenggata balap membuat definisi baru mengenai apakah pembalap tersebut bisa dibilang 'aktif' atau 'keluar'. Aturan ini diterapkan khususnya jika kejadian seperti di GP Valencia terulang, di mana terdapat ketidak jelasan mengenai siapa pembalap yang lanjut balapan maupun dianggap telah keluar. Hal ini akan dikonfirmasi langsung oleh pengawas balap saat balapan berlangsung.

2. Finish.

Sebelumnya, pembalap dianggap finis jika baik motor maupun pengendaranya bisa melewati garis finis. Namun kedepannya, jika salah satu dari pengendara maupun motor melintasi garis finis duluan maka sudah dianggap finis.

3. Roda.

Banyaknya komplain mengenai kurangnya jatah berlatih lantaran suplai ban sangat terbatas membuat pembalap menjadi hemat ban, terutama berjaga-jaga jika balapan akan berubah dari dy race menjadi wet race. Namun kini pembalap MotoGP punya 13 jatah ban dari sebelumnya yang berjumlah 11. Pembalap Moto2 dan Moto3 mendapat suplai ban yang tidak terbatas.

Itulah beberapa aturan baru yag bakal diterapkan pada MotoGP 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini