Events

Ganti Aturan, Formula 1 Diprediksi Bakal Gaet Lebih Banyak Penggemar?

Diprediksi akan terjadi kenaikan 20%.

Dinar Surya Oktarini | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi balapan F1 yang menegangkan. (Instagram/@fernandoalo_oficial)
Ilustrasi balapan F1 yang menegangkan. (Instagram/@fernandoalo_oficial)

Mobimoto.com - Bos Formula 1, Ross Brawn memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penggemar Formula 1 pada musim yang akan datang. Menurutnya, kenaikan ini diakibatkan oleh berubahnya aturan pada kompetisi musim 2019.

Pada aturan musim 2019, terjadi adanya revisi aturan mengenai aerodinamika yang membuat desain 'sayap' depan yang lebih simpel dan bagian belakang yang lebih lebar. Perubahan aturan ini terjadi lantaran banyaknya permintaan untuk membuat balapan lebih menarik.

Desain aerodinamika sebelumnya membuat mobil susah saling mengejar, membuat kompetisi 2018 terasa sedikit membosankan. Diharapkan dengan adanya perubahan desain ini bakal membuat jalannya Formula 1 lebih menegangkan.

Lewis Hamilton juara di Abu Dhabi. (Twitter/@F1)
Dominasi Hamilton merupakan salah satu contoh pentingnya aturan ini. (Twitter/@F1)

 

''Kami mempelajari pentingnya program mengenai aerodinamika ini, terutama untuk langkah besar pada 2021 nanti'' ujar Ross Brawin dikutip dari Crash (9/1). Menurutnya, penting untuk menekankan hal ini sebagai budaya, bukan solusi sementara.

''Poinnya adalah untuk menekankan filosofi dan budaya, bukan solusi  singkat.'' imbuhnya.

''Jika kita tidak mendapatkan efeknya, kami akan melakukan perubahan lagi, kami akan belajar darinya. Kami akan tetap melakukannya hingga mobil-mobil balap mereka bisa saling mendahului secara lebih efisien, di mana mereka tidak bisa saat ini.'' ujar Brawn.

Berita Terkait

Berita Terkini