Events

Balik ke Sirkuit, Spesifikasi Mobil Balap Ferrari Rio Haryanto Memukau

Ferrari menawarkan jeroan mantap.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Mobil Ferrari 488 GT3. (motorsport)
Mobil Ferrari 488 GT3. (motorsport)

Mobimoto.com - Penggemar Rio Haryanto pantas untuk sumringah, karena sebentar lagi idola kalian akan kembali ke sirkuit. Comeback nya pembalap Formula 1 (F1) Indonesia itu ditandai dengan sebuah mobil balap Ferrari 488 GT3.

Rio Haryanto kini diperkuat oleh Tim T2 Motorsport dalam ajang Blacpain Wolrd GT Challenge Asia 2019. Bersama David Tjiptobiantoro (Indonesia) dan Gregory Teo (Singapura), Rio Haryanto bakal menjanjikan performa keren dengan mobil Ferrari 488 GT3.

Dikutip dari laman motorsport, mobil balap Ferrari 488 GT3 sejatinya dirilis sejak tahun 2015 bersamaan dengan versi GTE. Mobil itu memiliki ukuran 4.633 x 2.045 x 1.090 mm, berat 1.260 kg dan wheelbase 2.700 mm.

Menariknya, seri GT3 dan GTE masing-masing ditenagai oleh mesin twin-turbocharged V8 berkapasitas 3,9 liter yang mampu memuncratkan tenaga maksimal 600 HP dan torsi puncak 700 Nm.

Tapi sebagai mobil balap, keduanya memiliki tenaga yang lebih kecil dibandingkan versi jalanan.

Mobil Ferrari 488 GT3. (motorsport)
Mobil Ferrari 488 GT3. (motorsport)

Hal itu juga berkaitan dengan sistem aerodinamika yang menunjang tampilan saat terjun ke lintasan. Sementara itu, mobil dalam kategori GTE yang biasanya muncul di ajang Wolrd Endurance Championship dan Le Mans 24 Jam mengusung sasis, blok dan kepala silinder versi jalanan.

Di sisi lain, baik GT3 dan GTE dipasangi sistem yang berfungsi untuk mencegah ban selip saat digunakan untuk berakselerasi.

Mobil GT3 yang akan dipakai Rio Haryanto nantinya juga dilengkapi dengan sistem ABS yang berfungsi untuk menghindari pengereman keras. Mantap banget kan Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini