Events

Indonesia Siap Gelar MotoGP Pada 2021, Ini Reaksi Fans MotoGP Luar Negeri

Pecinta MotoGP asal Indonesia tentu bangga dan sudah tidak sabar, lalu apa reaksi fans MotoGP dari luar negeri?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

MotoGP
MotoGP

Mobimoto.com - Indonesia akhirnya resmi terpilih sebagai salah satu tuan rumah untuk ajang balap motor dunia, MotoGP dan juga World Superbike (WSBK) pada tahun 2021. Dorna Sport SL dan ITD (Indonesia Tourism Development Corporation) telah mengonfirmasi sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masyarakat Indonesia pun menunjukkan rasa antusias atas kabar ini. Namun begitu, kira-kira bagaimana reaksi fans MotoGP dari luar negeri, ya? Apakah sama antusiasnya?

Terakhir kali Indonesia menggelar ajang MotoGP adalah pada 1997 di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat itu, pembalap legendaris, Valentino Rossi pun berhasil meraih podium pertama di kelas 125cc.

Selain fakta bahwa Indonesia pernah menjadi salah satu tuan rumah MotoGP, Indonesia pun dikenal cukup menggilai olahraga balap motor ini. Hampir seluruh penjuru negeri punya jagoan sendiri, khususnya di kelas MotoGP.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap MotoGP ini, bahkan juga diketahui oleh para fans MotoGP di luar negeri sana, Sob. Nggak percaya, nih?

David Emmet, seorang jurnalis MotoGP menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang gila MotoGP. Dalam tulisannya di Asphalt & Rubber, ia menuliskan ''Indonesia is arguably the most MotoGP-mad country in the world,''

Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)
Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)

Selain menyebut Indonesia sebagai negara yang fanatik terhadap MotoGP, ia juga mengatakan kalau Indonesia punya peran yang krusial karena merupakan salah satu pasar terbesar untuk MotoGP itu sendiri dan juga untuk produk otomotif, yang berkaitan dengan MotoGP.

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat memiliki desain street circuit, yang kabarnya menghabiskan dana sebesar Rp 14,5 triilun. Dana sebanyak itu, tentu digunakan untuk membangun fasilitas terbaik, guna perhelatan MotoGP di Indonesia pada 2021.

Menilik ke jejaring media sosial, netizen di luar negeri, ternyata juga cukup antusias dan mengapresiasi langkah Dorna Sport untuk menggelar MotoGP di Indonesia.

Netizen bernama Jack Meoph, misalnya, mengomentari tulisan David Emmet dengna mengatakan ''Kabar baik untuk semua orang Indonesia. Aku berani jamin, MotoGP akan berlangsung sangat menyenangkan,''

Lebih detail, netizen bernama Jason, bahkan memberikan sebuah grafik penjualan sepeda motor di seluruh dunia. Dan Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat penjualan tertinggi.

''Ini cukup masuk akal. MotoGP butuh lebih banyak menyelenggarakan balapan di negara-negara di luar Eropa, agar lebih berkembang,'' kata Jason.

Tapi, format street circuit di sirkuit Mandalika ini juga menuai respons negatif dari netizen luar negeri. Alasan utamanya adalah soal keamanan.

Meski begitu, kepastian Indonesia menggelar ajang MotoGP dan World Superbike atau WSBK di tahun 2021 sudah resmi. Kini, seluruh pihak terkait tengah membangun segala infrastruktur terkait.

Reaksi fans MotoGP dari luar negeri pun, tentu beragam, dengan berbagai sudut pandang. Apakah kamu siap menyambut MotoGP di sirkuit Mandalika tahun 2021 nanti, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini