Events

Jelang MotoGP 2019: Sejarah Panjang Dominasi Spanyol di MotoGP

Seperti apa dominasi Spanyol di perhelatan MotoGP?

Dany Garjito | Praba Mustika

Selebrasi Marc Marquez. (pixabay)
Selebrasi Marc Marquez. (pixabay)

Mobimoto.com - Dalam lima edisi terakhir MotoGPrider asal Spanyol selalu berhasil menjadi juara. Meski hanya memunculkan dua nama, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, hasil ini setidaknya membuktikan bahwa Spanyol berhasil mendominasi gelaran MotoGP. Ada sejarah panjang, mengapa saat ini pembalap Spanyol mendominasi di MotoGP. Lalu bagaimana peruntungan para pembalap asal negeri Matador di MotoGP 2019?

Sejarah panjang dominasi Spanyol di MotoGP sudah terlihat di musim 2010 ketika tiga rider Spanyol berhasil menjuarai di setiap kelas. Jorge Lorenzo yang saat itu membela Yamaha, menjadi kampiun di kelas MotoGP. Lalu di kelas Moto2 ada nama Toni Elias dan di kelas 125cc juaranya adalah Marc Marquez.

Jika melihat lebih jauh lagi, sebetulnya ada nama Alex Criville yang merupakan pembalap Spanyol pertama yang berhasil menjadi juara di kelas MotoGP.

Seperti melansir RedBull, Alex Criville berhasil menyabet gelar juara pada tahun 1999. Saat itu, rider yang membela Repsol Honda berhasil menjadi juara dunia kelas 500cc, yang merupakan kelas paling tinggi saat itu.

Berita Terkait

Berita Terkini