Events

70 Tahun MotoGP, Ini Dia Pembalap Pertama yang Jadi Juara Dunia

Inilah pembalap asal Inggris yang pertama kali jadi juara dunia MotoGP.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Leslie Graham. (Instagram/motogp)
Leslie Graham. (Instagram/motogp)

Mobimoto.com - Setelah era Valentino Rossi dengan pembalap Italia, ada Marc Marquez dengan pembalap Spanyol yang mendominasi. Jauh sebelum era keduanya, 70 tahun yang lalu, pembalap asal Inggris inilah yang sukses merengkuh juara dunia. Penasaran?

Ajang balap motor MotoGP pertama kali digelar pada bulan Juni 1949. Maka tepat di bulan Juni 2019 ini, MotoGP genap berusia 70 tahun.

Tepat pada 17 Juni 1949, ajang balap motor yang kini kita kenal sebagai MotoGP dihelat di sirkuit Snaefell Mountain, Inggris.

Saat itu hanya ada enam seri balapan yaitu, Isle of Man TT, Swiss Grand Prix, Dutch TT, Belgian Grand Prix, Ulster Grand Prix dan Nations Grand Prix.

Dari enam seri balapan tersebut, pembalap asal Inggris bernama Leslie Graham keluar sebagai juara dunia dengan mengumpulkan 30 (31) poin.

Leslie Graham, Pembalap Pertama yang Jadi Juara Dunia MotoGP. (Instagram/motogp)
Leslie Graham, Pembalap Pertama yang Jadi Juara Dunia MotoGP. (Instagram/motogp)

Leslie Graham sukses menjadi juara dengan motor AJS Porcupine dari produsen motor asal Inggris, AJS.

AJS Porcupine memiliki mesin dua silinder berkapasitas 500 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 55 daya kuda.

Kini tak begitu banyak pembalap asal Inggris yang bersaing di kelas MotoGP. Tercatat hanya Cal Crutchlow yang membalap untuk tim LCR Honda. Padahal 70 tahun yang lalu, Leslie Graham, pembalap asal Inggris yang mencetak sejarah, menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya.

Berita Terkait

Berita Terkini