Events

6 Persamaan Jorge Lorenzo & Dani Pedrosa, Musuh yang Senasib Seperjuangan

Keduanya merupakan mantan rival yang memiliki nasib identik. Apa saja persamaannya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Daniel Pedrosa dan Jorge Lorenzo
Daniel Pedrosa dan Jorge Lorenzo

Mobimoto.com - Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa bisa dibilang merupakan dua pembalap yang bersaing ketat satu sama lain ketika aktif membalap di MotoGP.

Jorge Lorenzo sempat bertarung sengit bersama dengan tim pabrikan Yamaha, sementara Dani Pedrosa sangat melekat erat dengan tim pabrikan Honda.

Walaupun terkesan berbeda kubu, rupanya terdapat banyak kesamaan di antara dua pembalap ini. Mobimoto.com pun telah merangkum 6 persamaan di antara mereka. Apa saja?

1. Sama-sama dari Spanyol. 

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa

Bukan rahasia lagi, kedua pembalap ini datang dari negara Spanyol. Negara tersebut merupakan salah satu penyumbang pembalap top terbanyak di kancah kejuaraan dunia MotoGP.

2. Sama-sama naik Honda sebelum pensiun.

Walaupun Jorge Lorenzo memang berada di puncak performa ketika masih bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, namun dirinya sempat beberapa kali ganti kubu hingga akhirnya berlabuh ke tim Repsol Honda dan pensiun 2019.

Sementara itu, semusim sebelumnya Dani Pedrosa juga mengambil keputusan yang sama sebagai pembalap tim Repsol Honda, yakni pensiun. Bedanya, jika Lorenzo sempat berada di tiga tim pabrikan, Dani Pedrosa cukup setia dengan berada di tim Repsol Honda untuk waktu yang lama.

3. Sama-sama jeblok sebelum pensiun. 

Jorge Lorenzo. (Twitter/@lorenzo99)
Jorge Lorenzo. (Twitter/@lorenzo99)

Tepat sebelum mengumumkan keputusan untuk pensiun, baik Pedrosa maupun Lorenzo sempat tampil jeblok bersama tim Honda. Torehan podium yang sebelumnya rutin mereka dapatkan, menjadi cuma angan sesaat sebelum akhir karier mereka.

4. Sama-sama jadi test rider. 

Dani Pedrosa. (Instagram/26_danipedrosa)
Dani Pedrosa. (Instagram/26_danipedrosa)

Setelah pensiun, keduanya sama-sama menjadi test rider. Bedanya, Dani Pedrosa lebih memilih untuk membantu tim pabrikan KTM sementara Jorge Lorenzo lebih memilih kembali ke tim yang membesarkannya, Yamaha.

5. Sama-sama juara dunia Moto2 dua kali. 

Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. (motorsport.com)
Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. (motorsport.com)

Dua pembalap ini dulunya sama-sama pernah juara dunia Moto2 dua kali. Dani Pedrosa melakukannya pada 2004-2005 lalu Jorge Lorenzo melakukannya di 2006-2007.

6. Sama-sama jadi bayang-bayang pembalap top. 

Marc Marquez dan Dani Pedrosa
Marc Marquez dan Dani Pedrosa

Walaupun keduanya merupakan pembalap elit, namun keduanya sempat tenggelam oleh pesona rekan tim masing-masing.

Sebelum pensiun, Dani Pedrosa sempat lama berada di bayang-bayang Marc Marquez di tim Repsol Honda.

Sementara Jorge Lorenzo juga pernah senasib, yakni menjadi berada di bawah bayangan Valentino Rossi, walaupun pada akhirnya Lorenzo sempat 'balas dendam' dengan menjadi juara dunia.

Namun ia mengulangi kisah tersebut dengan berada di bawah bayangan Marc Marquez, sebelum akhirnya Lorenzo pensiun.

Berita Terkait

Berita Terkini