Events

Kisruh Terkait Formula E 2020, GBK Siap Jadi Venue Alternatif

Kisruh mengenai Formula E 2020 yang tak kunjung usai menimbulkan tanggapan dari PPK-GBK

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno

Ajang Balap Formula E. (YouTube/ABB Formula E)
Ajang Balap Formula E. (YouTube/ABB Formula E)

Mobimoto.com - Gelaran Formula E 2020 yang salah satunya akan diselenggarakan di Indonesia masih menjadi perdebatan sengit.

Hal ini terkait izin penggunaan tempat yang direncanakan di kawasan Monas tak kunjung usai.

Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) pun turut menanggapinya.

PPK-GBK mengaku siap menjadikan kawasan Gelora Bung Karno sebagai venue alternatif untuk gelaran Formula E 2020 Jakarta yang akan berlangsung 6 Juni mendatang.

Kabar tersebut dilontarkan langsung oleh Direktur Utama PPK-GBK, Winarto, dalam konferensi pers yang digelar di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Senayan, Selasa (11/2/2020).

Kendati gelaran ajang balap mobil listrik itu hampir pasti terselenggara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pihak PPK-GBK disebut Winarto siap apabila pihak penyelenggara ingin menggelar Formula E di GBK.

Mobil Formula E Gen 2 yang akan diluncurkan di Ganeva Motor Show. (carsguide.com.au)
Mobil Formula E Gen 2 yang akan diluncurkan di Ganeva Motor Show. (carsguide.com.au)

Winarto menjelaskan bahwa pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara, sempat membuat pertemuan dengan PPK-GBK.

Pembahasan terkait penyelenggaraan Formula E 2020 Jakarta itu disebut Winarto berlangsung pada Jumat (7/2/2020).

“Hari Jumat (pekan lalu) mereka menjajaki di GBK. Kami sampaikan siap dong, siap membantu. Tapi yang menjadi fokus kami ya meminimalisir agar kegiatan publik tidak terganggu (apabila ada gelaran Formula E Jakarta di GBK),” ujar Winarto.

"Tapi memang ada berbagai alternatif, dicari yang paling ekonomis dan efisien. Kalau memang kembali di kawasan Monas ya sudah dapat izinkan, jadi tak apa-apa. Yang penting Formula E 2020 Jakarta itu bisa terselenggara," tambahnya.

Kabar terakhir yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, menyebut jika penyelenggaraan balap mobil ramah lingkungan itu hampir dipastikan bakal berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Asumsi itu berdasarkan keputusan Kemensetneg selaku Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka yang telah memberikan lampu hijau apabila Formula E 2020 Jakarta bisa berlangsung di kawasan ikon DKI Jakarta itu.

"Keputusan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka untuk kiranya (Formula E) dilaksanakan di Medan Merdeka," ujar Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

"Hari ini kecenderungannya lebih ke kawasan Medan Merdeka, kan Monas juga termasuk Medan Merdeka," tandasnya.

SUARA.COM - Arief Apriadi

Berita Terkait

Berita Terkini