Events

Dampak Virus Corona, Kru Dilarang Pulang Ke Rumah usai Tes MotoGP Qatar

Virus Corona membuat para kru dan pembalap MotoGP dilarang pulang usai tes di MotoGP Qatar

Rauhanda Riyantama | Gagah Radhitya Widiaseno

Para pembalap yang melakukan tes di MotoGP Qatar(the-race.com)
Para pembalap yang melakukan tes di MotoGP Qatar(the-race.com)

Mobimoto.com - Virus Corona atau dikenal dengan Covid-19 menyebabkan sejumlah aktivitas di dunia terhambat, salah satunya yakni gelaran MotoGP. Sebelumnya tersiar kabar kalau MotoGP Thailand batal diselenggarakan untuk menghindari virus tersebut. Tapi pihak pemerintah menjamin kalau di negaranya aman dari virus Corona.

Kali ini kabar datang dari Qatar yang menjadi seri pembuka MotoGP 2020 ini. Seri pertama MotoGP 2020 yaitu MotoGP Qatar yang akan dipentas 8 Maret, terancam oleh virus Corona.

Dilansir dari Speedweek.com, setidaknya 11 kematian akibat virus Corona juga terjadi di Italia. Seperti kita tahu Italia merupakan tempat di mana sebagian besar pekerja dan markas tim-tim MotoGP berasal.

Enam dari sebelas tim MotoGP memiliki kantor pusat di Italia seperti Monster Energy Yamaha MotoGP, Suzuki Ecstar, LCR Honda, Aprilia Racing, Ducati Corse, dan Pramac Ducati.

Dovi melakukan uji motor di tes MotoGP Qatar (Twitter/ChaturSiddhant)
Dovi melakukan uji motor di tes MotoGP Qatar (Twitter/ChaturSiddhant)

 

Bahkan, beredar kabar kalau tim Suzuki Ecstar telah melarang semua teknisi MotoGP mereka melakukan perjalanan pulang setelah tes MotoGP Qatar kemarin. Pasalnya, banyak dari pekerja tim yang tinggal di Italia dan dikhawatirkan mereka akan terjebak di daerah terlarang sebelum MotoGP Qatar di mulai.

Ditambah, pihak Qatar mempertimbangkan untuk tidak membiarkan pesawat terbang dari Italia masuk ke negara mereka. Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di negaranya.

Tak cuma pihak Qatar yang melarang adanya pihak dari luar untuk masuk ke negaranya, tim Monster Energy juga dikabarkan melakukan hal serupa terhadap para teknisi dari Jepang.

Yamaha meminta para teknisi dari Jepang untuk tetap berada di Doha, Qatar hingga 8 Maret demi menghindari larangan.

Pasalnya, Jepang juga negara di mana beberapa kasus virus Corona juga menimpa warganya. Pabrikan Honda juga melarang anggota tim dari Jepang melakukan perjalanan pulang di antara tes dan balap.

Lalu, bagaimana dengan enam pembalap MotoGP yang berasal dari Italia ya?

Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, Andrea Iannone dan Fransesco Bagnaia berasal dari Negeri Pizza.

Belum lagi, pembalap-pembalap Italia dari kelas Moto2 dan juga Moto3, jumlahnya juga banyak.

Tetapi yang pasti, tanpa kehadiran tim pabrikan Ducati, Yamaha, Aprilia dan berbagai tim satelit, pastinya Dorna Sports selaku promotor MotoGP juga akan mempertimbangkan keberlangsungan MotoGP Qatar.

Semoga tetap berjalan seperti semula. Dan semuanya bebas dari ancaman virus Corona.

Berita Terkait

Berita Terkini