Events

Keren, Indonesia Bakal Punya Layanan Kargo Berbasis Drone di Tahun 2025

Indonesia bakal punya layanan kargo di tahun 2025 nantinya.

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno

Indonesia siap memiliki layanan kargo berbasis drone (ISTIMEWA)
Indonesia siap memiliki layanan kargo berbasis drone (ISTIMEWA)

Mobimoto.com - Perkembangan teknologi memang begitu pesat. Hal ini pun dimanfaatkan oleh perusahan investasi dan afiliasi dari AAA Properties Group, PT Agung Anugrah Investama.

Dalam hal ini, perusahaan tersebut mendirikan sebuah perusahaan JV dengan PT NPC Laboratorium Indonesia (NPC LAB)dengan menawarkan layanan produk dan jasa pengiriman barang atau kargo menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Nantinya teknologi ini bisa dimanfaatkan sebelum tahun 2025, melalui salah satu anak perusahaannya, PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk (BBSS).

UAV sendiri, atau orang mengenalnya drone, merupakan wahana langit yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, baik oleh pilot ataupun sistem autonomous.

Dengan investasi strategis ini, AAA Properties Group memiliki akses untuk masuk ke pasar UAV yang masih tergolong baru dan memiliki potensi luar biasa.

Indonesia siap memiliki layanan kargo berbasis drone (ISTIMEWA)
Indonesia siap memiliki layanan kargo berbasis drone (ISTIMEWA)

Sebelumnya, AAA Properties Group telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Mongolia, yaitu Bars Motors LLC dalam pembangunan pabrik perakitan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di Surabaya.

Saat ini teknologi UAV berkembang sangat pesat.

Awalnya UAV digunakan hanya sebagai alat pengintaian, namun dengan adanya perkembangan teknologi, UAV dapat dimanfaatkan di berbagai bidang antara lain pemetaan udara, inspeksi bangunan, pertanian hingga untuk entertainment.

Perkembangan teknologi UAV yang pesat ini mendorong NPC LAB menampilkan diri sebagai penyedia barang dan jasa UAV terlengkap di Indonesia.

Direktur NPC LAB, Yosa Rosario menyatakan, bergabungnya PT Agung Anugrah Investama sebagai investor menunjukkan bahwa NPC LAB siap bersaing dengan perusahaan asing dalam mengambil pangsa pasar domestik yang bernilai triliunan rupiah.

"Langkah ini akan semakin memperkuat struktur permodalan dan akses pendanaan perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk mengejar proyek-proyek besar dan secara konsisten meningkatkan layanan NPC LAB terhadap konsumen lama maupun baru," ujar Yosa.

Senada dengan Yosa, Felix Soesanto selaku Direktur PT Agung Anugrah Investama mengatakan lewat rilisan pers.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada semua stakeholder yang akan segera menikmati keuntungan dari transaksi ini. Dengan akuisisi ini, diharapkan AAA Properties akan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu yang terdepan di industri penyedia jasa logistik sekaligus memperkuat posisi BBSS di layanan penyimpanan barang." ujar Felix.

"Kami yakin seluruh pemain di industri logistik sepakat bahwa cepat atau lambat UAV akan mengakibatkan disrupsi. Hal ini akan dapat terwujud dengan adanya inisiatif perusahaan seperti NPC LAB yang memilliki kemauan dan kemampuan untuk mempercepat perkembangan layanan UAV yang berkualitas di Indonesia," lanjutnya.

Tentang NPC LAB sendiri, awalnya sekumpulan anak muda yang memiliki ketertarikan sama di dunia riset dan teknologi membentuk badan ini.

Bidang usaha yang ditekuni NPC LAB sangat lebar, di bidang riset dan teknologi. Hingga akkhirnya, karena dengan maraknya permintaan pasar khususnya di bidang UAV, NPC LAB mengembangkan usaha yang lebih fokus untuk bidang pengembangan UAV.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan nasional swasta dan BUMN serta instansi pemerintah telah menjadi konsumen NPC LAB.

Berita Terkait

Berita Terkini