Events

Bikin Penasaran, Begini Perkembangan Terbaru Pembangunan Sirkuit Mandalika

Begini progres perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika, sudah sejauh mana?

Cesar Uji Tawakal

Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)
Mandalika, Calon Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Untuk Gelar MotoGP. (MotoGP)

Mobimoto.com - Proses pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat kini sudah mencapai 78 persen.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, menyebutkan bahwa pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika berjalan sesuai timeline yang direncanakan.

Pada pekan keempat bulan Juni 2021 progres konstruksi JKK secara keseluruhan mencapai 78,6 persen, mencakup pekerjaan pengaspalan main track dan service road.

Pekerjaan main track telah menyelesaikan aspal lapis pertama atau yang disebut dengan AC-Base sepanjang 4,31 km dari total track lane 4,31 km.

Sementara pekerjaan service road saat ini telah teraspal sekitar 7,5 km dari total 8,12 km.

Service road adalah jalan layanan yang terletak di sisi main track yang berfungsi sebagai pelayanan darurat untuk mengakomodir sejumlah kendaraan yang mengalami kecelakaan beserta para pembalap saat keluar lintasan.

Tak cuma itu, jalur ini juga berfungsi sebagai jalan yang dapat diakses oleh operator race dan ambulans.

Selain itu, saat ini juga tengah dilakukan beberapa pekerjaan lain secara bersamaan, yakni penghamparan gravel bed, proses fabrikasi, pemasangan concrete barrier, pagar debrish fence, pitwall geobrugg, landscaping (pohon dan rumput) dan pekerjaan drainase permukaan kawasan JKK serta pekerjaan pondasi borepile bangunan race control.

Race Control adalah ruangan khusus yang diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. Ruangan ini harus memiliki persyaratan seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, jaringan Wi-Fi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu dan transponder.

Progress pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 78,6 persen (Istimewa)
Progress pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 78,6 persen (Istimewa)

“Kami puas dengan kemajuan pekerjaan JKK hingga saat ini dan memastikan bahwa pekerjaan akan terus berjalan sesuai dengan timeline, termasuk target homologasi pada semester kedua 2021 ini. Kami harap seluruh kegiatan konstruksi berjalan dengan lancar dan optimal untuk menyambut event World Superbike (WSBK) November mendatang di The Mandalika," ujar Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro melalui rilis yang diterima Mobimoto.com.

Tahap pengaspalan JKK terdiri dari 3 tahap yaitu AC-Base, AC-Binder hingga Surface SMA. Setelah penyelesaian aspal lapis pertama pada main track, maka dipastikan pekerjaan akan segera dilanjutkan dengan tahap aspal lapis kedua (AC-Binder).

Dalam upaya memastikan kualitas pengaspalan dan penyelesaian JKK sesuai dengan target, ITDC melakukan pemantauan perkembangan dan progres harian secara berkala melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

MGPA adalah unit usaha ITDC yang secara khusus mengelola JKK, termasuk melakukan pemantauan perkembangan pembangunan, perawatan, dan penyelenggaraan event yang akan digelar di area tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini