Events

Detik-Detik Tabrakan Verstappen dan Hamilton, Ini 3 Fakta F1 GP Arab Saudi

Ada banyak insiden dalam balapan kali ini. Penentuan juara bakal berlangsung di balapan terakhir musim ini.

Cesar Uji Tawakal

Insiden Max Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Bahrain/planetf1.com
Insiden Max Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Bahrain/planetf1.com

Mobimoto.com - Kemenangan Lewis Hamilton di Formula 1 GP Arab Saudi membuatnya kini sukses menempel rival utamanya, Max Verstappen dengan koleksi poin klasemen yang sama.

Pada balapan tersebut, terjadi sederet insiden yang membuat balapan berlangsung sangat panas.

Berikut adalah tiga fakta unik terkait dengan Formula 1 GP Arab Saudi:

1. Sederet insiden di lintasan

Setelah Mick Schumacher menabrak pagar pembatas di tikungan 23, bendera merah pertama berkibar di lap 10.

Bendera merah kedua dikibarkan setelah sejumlah pembalap bertabrakan setelah restart pertama dan Charles Leclerc menabrak ban belakang. Seperti mobil Sergio Perez, Nikita Mazepin dan George Russell terpengaruh dengan mencoba melakukan operasi mengelak.

Banyak pengemudi yang bertabrakan dan truk dipenuhi puing-puing dari mobil, sehingga dilakukan setidaknya tiga kali selama periode safety car virtual.

2. Hukuman yang diterima Verstappen

Steward Formula 1 mendapati pebalap asal Belanda itu paling bertanggung jawab dalam insiden tersebut hingga diganjar dua penalti.

Pembalap berusia 24 tahun asal Belanda itu mendapat penalti lima detik karena memotong tikungan demi menjaga keunggulan posisi saat bertahan dari serangan Hamilton, dan 10 detik tambahan setelah balapan karena menyebabkan tabrakan saat ia berupaya menyerahkan kembali posisi pimpinan lomba ke pembalap Mercedes tersebut.

3. Penentunan juara di Abu Dhabi, pekan depan

Pembalap Inggris itu gagal melewati garis finis dan Hamilton mengambil 25 plus satu pada lap tercepat untuk menyamakan skor 369,5 Verstappen menjelang balapan akhir musim di Abu Dhabi pada pekan depan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini