Mobil

Game GTA dan Need For Speed Diduga Picu Perilaku Agresif Pengemudi Remaja

Remaja yang mengemudikan mobil, menganggap adegan di game dan atau film keren dan bisa diikuti.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Sampul Permainan Need for Speed Payback. (YouTube)
Sampul Permainan Need for Speed Payback. (YouTube)

Mobimoto.com - Dua hal yang sering dikonsumsi oleh remaja adalah film dan game. Bagi penyuka otomotif, permainan seperti Grand Theft Auto (GTA) dan Need for Speed, tentu masuk ke dalam daftar. Namun, menurut sebuah penelitian, game seperti GTA dan Need For Speed diduga memicu perilaku agresif pengemudi remaja.

Sebuah penelitian dengan responden pengemudi mobil, ditanya tentang pengaruh game, film atau program televisi bagi perilaku mengemudi remaja.

Melansir dari Carscoops, dari 1,000 responden, 40 persen menyatakan kalau video game membawa pengaruh buruk dalam mengemudikan mobil.

Kemudian, 29 persen responden menganggap program televisi (TV) dan film juga turut andil dalam membuat para pengemudi usia remaja berperilaku agresif dalam mengemudikan mobil. Bahkan, film dan program TV juga bisa mempengaruhi pengemudi di usia yang sudah cukup matang, loh.

Nicola Morgan, pakar pengembangan remaja mengatakan ''Otak remaja masih berkembang terus sampai di usia 20an. Bagian terakhir yang berkembang adalah Prefrontal Cortex, yang merupakan pusat kontrol. Bagian tersebut diperlukan untuk tugas pengendalian diri, pengambil keputusan, analisis risiko dan mengatakan tdak,''

Ilustrasi Pengemudi Mobil Usia Remaja. (Carscoops)
Ilustrasi Pengemudi Mobil Usia Remaja. (Carscoops)

''Jadi di usia 17 tahun, bagian tersebut belum sepenuhnyaberkembang dan belum bisa membantu mereka menentukan pilihan yang baik dan mengotnrol emosi, termasuk pengambilan risiko. Jika mereka mempunyai pola pikir mengambil risiko, mereka akan lebih mencari sensasi daripada keamanan. Atau dalam kata lain, mereka mengemudikan mobil benar-benar untuk kesenangan.''

Rekan Nicola, Quentin Wilson menambahkan ''Kami belu bisa memutuskan apakah permainan seperti GTA dan Need for Speed memengaruhi perilaku mengemudi para remaja, karena riset belum selesai. Namun, kita juga melihat ada remaja yang tidak begitu terpengaruh dengan film, program TV atau game dengan perilaku mengemudi.''

Riset dan survey terkait pengaruh game film, hingga program Tv ini masih terus dikaji agar bisa mengetahui sejauh mana, serta pembimbingan untuk pengemudi usia remaja.

Berita Terkait

Berita Terkini