Mobil

Pencuri Sukses Bawa Kabur Mobil Dari Dealer, Begini Modus Operandinya

Seribu tipu daya pencuri dalam melakukan aksi pencurian mobil.

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno

Ilustrasi melakukan tes drive (Instagram)
Ilustrasi melakukan tes drive (Instagram)

Mobimoto.com - Beberapa dealer atau showroom mobil biasanya menyediakan layanan tes drive kepada konsumen untuk menguji seberapa layaknya mobil untuk dipakai konsumen tersebut.

Namun kadang fasilitas ini kadang digunakan oknum untuk melakukan tindak kejahatan, salah satunya dengan membawa kabur unit tes drive tersebut. Seperti yang dilakukan oleh pria satu ini.

Dikutip dari tampabay.com, seorang pria bernama Shahram Rouhani melakukan aksi pencurian mobil tes drive. Ia berpura-pura mau membeli mobil di dealer dan akan melakukan tes drive.

Namun usai melakukan tes drive, pria berusia 41 tahun tak kunjung kembali. Insiden ini dilakukan tak cuma sekali oleh Rouhani.

Ilustrasi Test Drive. (Unsplash/Cameron Osborn)
Ilustrasi Test Drive. (Unsplash/Cameron Osborn)

Ia berhasil berkali-kali mencuri mobil dengan berlagak sebagai pembeli. Dia datang ke dealer, melakukan tes drive, lalu tak kunjung kembali untuk mengembalikan mobil tersebut.

Namun aksi yang ketiga berujung penangkapan oleh Kepolisian St Petersburg. Ia berhasil diamankan ketika melakukan aksinya yang ketiga.

Dalam dua kesempatan membeli mobil, yang berakhir dengan pencurian, Rouhani selalu menjanjikan untuk mengembalikan mobil keesokan hari. Sebagai 'jaminan' dia meninggalkan mobilnya di dealer.

Salah satu mobil yang berhasil dicuri adalah Nissan Armada Platinum. Mobil itu dibanderol 56 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 790 juta. Ia mengambil mobil tersebut pada 15 Februari silam.

Pada 24 Februari, dia mengendarai Nissan Armada Platinum itu ke sebuah dealer yang menjual Volvo. Dia diyakini sudah membuat janji dengan dealer untuk 'membeli' Volvo S90 yang berharga 42,7 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 602,4 juta.

Tak lama berselang dia berada di sebuah dealer BMW, yang lokasinya tak jauh dari dealer Volvo. Menurut keterangan kepolisian setempat, dia mencoba untuk menukar mobil curian dengan mobil baru.

"Si tersangka mengakui sudah mendatangi beberapa dealer mobil dan mengambil mobil saat melakukan test drive. Dia tak mengembalikannya demi mendapat keuntungan," demikian laporan penahanan yang beredar.

Dengan modus bertukar mobil dari satu dealer ke dealer lain, beberapa mobil yang dicuri Rouhani berhasil ditemukan. Hanya saja nilainya sudah berkurang banyak karena ada yang lecet dan bahkan penyok.

Berita Terkait

Berita Terkini