Motor

Jarvish: Helm Pintar nan Canggih ala Film Fiksi Ilmiah

Helm berguna untuk melindungi kepala dari benturan atau kejadian yang tidak kita inginkan. Apakah helm pintar bisa membuat kita lebih aman dan nyaman?

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Helm Pintar Jarvish X-AR/hiconsumption.com
Helm Pintar Jarvish X-AR/hiconsumption.com

Mobimoto.com - Tahukah kamu ada helm pintar yang membantu memberikan informasi selama berkendara?

Menggunakan helm adalah kewajiban bagi setiap pengendara sepeda motor, baik tipe half face maupun full face karena dapat mencegah dan melindungi kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Ilustrasi Helm/pxhere.com
Ilustrasi Helm/pxhere.com

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini helm pun sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau lebih kita kenal sebagai artificial intelligence (AI).

Helm tersebut bernama Jarvish Smart Helmets yang telah terintegrasi dengan HUD dan juga kamera 360 derajat.

Diwartakan oleh rideapart.com produsen helm yang berbasis di Taiwan ini mengkalim helm pintar pertama di dunia. Memang apa sih kegunaan HUD dan kamera 360 derajat pada sebuah helm?

Head-up Display atau HUD yang terpasang di helm ini bisa menemani perjalanan kamu sob. Apalagi HUD-nya juga bisa dikoneksikan dengan smartphone dan mendukung Amazon Alexa, Apple Siri atau Google Assistant.

Lebih detail, HUD yang diterapkan di Jarvish bisa memberikan informasi tentang kecepatan kamu berkendara, batas kecepatan di sekitar, waktu, cuaca dan penunjuk arah atau GPS.

HUD juga bisa menampilkan informasi jika ada seseorang yang menghubungi kamu lho, sob.

Helm Pintar Jarvish/trustedreviews.com
Helm Pintar Jarvish/trustedreviews.com

Helm pintar ini dilengkapi dengan baterai standar militer yang cukup tangguh. Di dalamnya juga sudah tersedia memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa upgrade hingga 256 GB.

Fitur bluetooth dan WiFi yang berfungsi menyambungkan Jarvish dengan smartphone juga sudah ada bersama fitur voice command, karena di dalam helm ini disematkan sebuah mikropon.

Jarvish akan mulai tersedia di pasaran pada 2019 dan terdapat dua varian yaitu X dan X-AR.

Varian X diperkirakan meluncur dengan harga Rp 9 jutaan dan versi tertingginya, X-AR akan dibanderol dengan harga Rp 19 jutaan.

Tertarik untuk memboyongnya? Pertama, kita tunggu saja dulu kehadiran Jarvish, si helm pintar ini, tersedia di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini