Motor

Jangan Diremehkan, Kaca Spion untuk Keamanan

Bentuk kaca spion bawaan pabrik memang tidak terlalu memperhatikan estetika desain, karena memang lebih mengutamakan faktor keamanan

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Fungsi Kaca Spion untuk Keamanan/pixabay.com
Fungsi Kaca Spion untuk Keamanan/pixabay.com

Mobimoto.com - Tren modifikasi sepeda motor, belakangan ini memang cukup digandrungi. Bahkan untuk mencapai modifikasi yang sesuai dengan keinginan, tidak jarang yang menyepelekan tingkat keamanan termasuk mencopot kaca spion.

Padahal kaca spion bawaan pabrik pasti sudah sangat diperhitungkan agar berfungsi maksimal dan tentu saja untuk keamanan dan keselamatan pengendara itu sendiri.

Kaca Spion/pixabay.com
Kaca Spion/pixabay.com

Dilansir dari astra-honda.com, kaca spion sama pentingnya dengan bagian motor yang lain dan anggaplah sebagai perpanjangan mata kamu, sob.

Kaca spion berfungsi untuk memudahkan kamu, sebagai pengendara motor untuk melihat kendaraan di belakang tanpa perlu menoleh.

Sudut kemiringan spion juga tentu telah diperhitungkan secara matematis supaya kaca spion dapat berfungsi optimal.

Sudut Kemiringan dan Dimensi Kaca Spion/pixabay.com
Sudut Kemiringan dan Dimensi Kaca Spion/pixabay.com

Kalau kamu bosan dengan bentuk kaca spion bawaan pabrik yang bentuknya biasa saja dan berniat untuk menggunakan kaca spion aftermarket yang sesuai dengan keinginan, boleh aja kok sob.

Tapi tetap harus memperhatikan ukuran dan dimensi kaca spion yang kamu beli, supaya bisa tetap berfungsi secara maksimal.

Tidak cuma soal ukuran dan dimensi, tapi kualitas kaca spion aftermarket juga harus jadi perhatian sob.

Pastikan kacanya melekat kuat dengan lis, agar tidak bergetar ketika sedang digunakan dalam perjalanan.

Memodifikasi motor boleh-boleh aja kok sob, asal tetap memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan dan keselamatan. Biar motor tetap tampil keren dan juga tetap aman. Jangan sepelekan kaca spion, demi keselamatn.

Berita Terkait

Berita Terkini