Motor

Adu Gahar Trio 150cc Jepang!

Dengan diluncurkannya Suzuki Bandit 150 maka kelas motor naked performa tinggi 150cc akan semakin ramai, seperti apa perbandingannya?

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Suzuki GSX-150 Bandit
Suzuki GSX-150 Bandit

Mobimoto.com - Dengan diluncurkannya Suzuki GSX-150 Bandit pada ajang GIIAS 2018, tentu saja membuat persaingan kelas 150cc highperformance-commuter semakin panas.

Karena selain GSX-150 Bandit, di kelas ini ada pabrikan Jepang yang sudah lebih lama 'berkecimpung' di kelas 150cc. Yakni Yamaha Vixion R yang merupakan generasi terbaru dari Vixion series, serta Honda New CB150R. Siapakah yang lebih unggul dalam kelas ini?

Check this out...

Mengenai fitur, ketiganya telah dilengkapi full digital speedometer, dan penerangan lampu LED pada bagian depan. Perbedaannya adalah, pada stoplamp Suzuki GSX-150 Bandit masih menggunakan lampu bohlam sementara Yamaha Vixion R sudah menggunakan lampu LED.

Begitu pula dengan Honda New CB150R. Lalu pada lampu sein, Honda New CB150R sudah menggunakan lampu LED sedangkan kedua kompetitornya belum.

Untuk jenis rangka, Yamaha Vixion R menggunakan rangka Deltabox, sementara Honda New CB150R menggunakan rangka Trussframe, sementara Bandit masih menggunakan rangka tipe Diamond. Beralih ke sektor kaki-kaki, Yamaha Vixion R unggul dengan banana swing arm-nya sementara kedua kompetitornya masih menggunakan kaki-kaki konvensional.

Untuk suspensi depan, ketiganya masih menggunakan suspensi teleskopik konvensional dan belum menggunakan upside-down, sementara untuk suspensi belakang ketiganya menggunakan suspensi tunggal.

Beralih ke sektor dapur pacu, baik Suzuki dan Honda sudah menggunakan mesin DOHC sementara Yamaha masih menggunakan mesin berkatup tunggal SOHC.

Namun untuk urusan muntahan tenaga, Yamaha boleh jumawa, karena berbekal mesin 155cc SOHC 4 katup, Vixion R mampu memuntahkan tenaga sebesar 19,3 PS, unggul tipis dari Bandit sebesar 19,2 PS dan New CB150R dengan power 16,9 PS.

Sementara itu, untuk sektor harga, Suzuki GSX-150 Bandit memiliki banderol yang paling miring sebesar 24 jutaan untuk harga On The Road Jakarta. Sementara Vixion R memiliki harga paling mahal yakni 29 jutaan diikuti Honda New CB150R 28 jutaan.

Jadi bagaimana, tertarik untuk membeli salah satunya?

Berita Terkait

Berita Terkini