Motor

Menengok Kembali FZR 150, Legenda 150cc Yamaha!

Motor ini merupakan legenda Yamaha pada tahun 90-an, seperti apa sih?

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Yamaha FZR 150 (wikipedia.com)
Yamaha FZR 150 (wikipedia.com)

Mobimoto.com - Lahir pada tahun 1991 dan stop produksi pada tahun 1998, Yamaha pernah menelurkan sepeda motor 150cc yang merupakan cikal bakal dari sepeda motor 150cc 4tak Yamaha saat ini. Adalah Yamaha FZR 150, yang merupakan sepeda motor 150cc 4 tak yang menyuguhkan spesifikasi yang terbilang eksotis pada jamannya.

Pabrikan Iwata, Jepang ini 'menelurkan' Yamaha FZR 150 untuk berbagai negara Asia, di antaranya Cina, Taiwan dan Filipina. Sepeda motor ini juga dikenal dengan nama 'FZR Kaimera' di beberapa negara.

Lalu apa yang spesial dari sepeda motor ini? Ditengok dari spesifikasi yang sudah canggih pada jamannya, sebut saja mesin multi silinder dengan konfigurasi V-engine, pendingin mesin oil-cooler, dan rangka deltabox yang masih digunakan pada sepeda motor Yamaha Vixion dan R15.

Mesin ini mampu memuntahkan power sebesar 17HP dan dengan tarikan torsi 12N.m. Dengan mesin multi silindernya, Yamaha FZR mampu digeber sampai dengan 12.000 RPM. Selain itu, mesin ini mampu mencapai kecepatan 130 km/jam. Cukup sadis untuk zamannya!

Tak hanya itu, sepeda motor ini memiliki desain sporty namun everlasting atau tak lekang oleh waktu, sehingga cukup 'ganteng' bahkan untuk ukuran sepeda motor jaman sekarang.

Dilengkapi dengan rem depan dengan cakram ganda membuat performa pengereman tak diragukan lagi. Selain itu sepeda motor ini juga dilengkapi suspensi belakang dengan model 'mono' membuat sepeda motor ini stabil untuk bermanuver di jalanan.

Sayangnya, keberadaan sepeda motor ini kurang bergema di Indonesia sehingga masih banyak yang belum mengetahui sosok sepeda motor ini, walau sangat cocok untuk dijadikan sebagai barang koleksi legendaris.

Berita Terkait

Berita Terkini