Motor

Punya Tiga Roda, Motor - Motor Ini Tetap Bisa Miring

Sepeda motor roda tiga memiliki keunikan tersendiri.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Yamaha Niken (visordown.com)
Yamaha Niken (visordown.com)

Mobimoto.com - Tidak seperti lazimnya sepeda motor yang memiliki dua roda, motor-motor ini memiliki roda sebanyak tiga buah. walaupun kendaraan roda 3 sudah jamak ditemukan, namun motor ini memiliki keistimewaan yakni bisa berbelok sambil miring layaknya roda dua.

Apa saja motor itu? Check this out...

1. Yamaha Tricity

Konsisten membuat produk-produk inovatif, Yamaha juga membuat sepeda motor beberapa sepeda motor yang memiliki tiga buah roda. Salah satunya adalah Yamaha Tricity.

Menggunakan spesifikasi mesin yang serupa dengan Nmax (untuk varian 155 cc), motor Yamaha satu ini menggunakan teknologi Leaning Multi-Wheel (LMW). Teknologi ini memungkinkan roda motor ini untuk "miring" pada saat bersamaan selayaknya motor dua roda biasa.

Motor yang memiliki spesifikasi mesin 155 cc berpendingin cairan dan sudah mengadopsi VVA ini dijamin mampu melibas tikungan dengan kecepatan dan kestabilan mumpuni berkat roda depannya yang berjumlah dua.

Dengan teknologi sedemikian rupa, Yamaha mebanderol motor ini senilai Rp 60-an juta rupiah.

Yamaha Tricity. (yamaha-motor.eu)
Yamaha Tricity. (yamaha-motor.eu)

 

2. Yamaha Niken

Yamaha Niken (visordown.com)
Yamaha Niken (visordown.com)

 

Motor dengan desain revolusioner buatan Yamaha ini sempat dipamerkan dalam acara Tokyo Motor Show serta EICMA 2017. Dengan desain yang cukup unik, motor yang terkesan futuristik ini mampu melahap tikungan dengan kemiringan 45 derajat.

Berbeda dengan Yamaha Tricity yang maih menggunakan suspensi depan teleskopik, Yamaha niken ini sudah menggunakan suspensi upside down sehingga memiliki stabilitas yang mumpuni.

Ditambah penggunaan mesin yamaha MT-09 yang memiliki kubikasi 847 cc, motor ini dijamin memiliki performa yang cukup beringas! Tertarik? Maka anda harus merogoh saku dalam-dalam karena motor ini dibanderol dengan harga Rp 260-an juta.

3. Peugeot Metropolis 400i

Puegeot Metropolis 400i.
Peugeot Metropolis 400i.

 

Beralih ke produsen asal Perancis, Peugeot juga memiliki produk dengan tiga buah roda. Namun berbeda dengan LMW-nya Yamaha, mtor ini mengadopsi sistem Dual Tilting Wheels (DTW) sehingga mampu menyajikan sesnsasi nyaman kendati memiliki dua roda di depan.

Berbekal mesin silinder tunggal 4 langkah berpendinginan cairan, sitem pembakaran injeksi serta kapasitas mesin sebesar 399 cc, Peugeot membanderol motor ini seharga Rp 220 jutaan.

4. Piaggio MP3

Piagio MP3 Youth Urban 300ie. (piagio.com)
Piaggio MP3 Youth Urban 300ie. (piagio.com)


Nggak mau kalah, produsen motor asal italia ini juga memproduksi motor dengan tiga roda. Dengan mesin silinder tunggal 4 langkah berpendinginan cairan, injeksi dan kapasitas mesin 278 cc.

Piaggio MP3 menggunakan suspensi side arm ganda, motor ini dapat memperoleh sudut kemiringan (lean angle) mencapai 40 derajat. Sehingga suspensi MP3 menanggung lebih sedikit beban pada per atau shockabsorber-nya. Banderol harganya pun juga nggak kalah dengan Peugeot, yakni sekitar Rp 200 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkini