Motor

Canggih, Robot Ini Bisa Touring

Di balik harga aksesori kendaraan yang mahal terdapat riset yang canggih, seperti apa?

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Robot Tes Akrapovic. (visordown.com)
Robot Tes Akrapovic. (visordown.com)

Mobimoto.com - Akrapovic, produsen knalpot ternama asal Slovenia gunakan robot baru untuk uji coba dan riset pengembangan produk.

Penggunaan robot ini diharapkan akan membantu memaksimalkan hasil riset dan meminimlaisir kendala-kendala yang terjadi saat uji coba.

Selama ini, tim riset Akrapovic melakukan ujicoba di jalanan dan lintasan yang jelas memakan waktu lebih banyak dan lebih beresiko, misalnya gangguan cuaca juga mempengaruhi hasil uji coba dalam meriset sebuah produk.

Namun berkat robot ini, Akrapovic mampu melakukan ujicoba dalam rentang jarak ribuan mil.

Robot saat melakukan uji coba untuk mengetahui gas buang pada motor. (visordown.com)
Robot saat melakukan uji coba untuk mengetahui gas buang pada motor. (visordown.com)

 

Dengan kontrol komputer, robot ini diatur dalam kondisi yang sudah diatur sedemikian rupa, lengkap dengan bukaan gas dan pengoperan gigi agar hasil riset knalpot menjadi sangat presisi.

Robot ini juga bisa berkendara untuk waktu yang lama sehingga hal ini berguna untuk mengetahui kondisi knalpot jika digunakan untuk jarak jauh.

Namun jangan salah, bukan berkendara di jalanan seperti layaknya para bikers yang demen turing, robot ini cuma bisa berkendara di dalam ruangan.

Robot ini dipasang di atas motor yang sudah dipasangi alat untuk tes dyno. Kamera-kamera dan sensor dipasang untuk memantau banyak indikator, misal suhu dan tekanan udara.

Robot ini juga mampu memacu kendaraan sampai 200 km/jam, kencang bukan?

Terobosan mengesankan ini membuat tim riset Akrapovic sedikit mengungguli perusahaan-perusahaan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini