Motor

Motor Berbahan Bakar Vodka Ini Pecahkan Rekor

Tak seperti kebanyakan motor, motor ini sudah dimodifikasi dan siap untuk 'menenggak' alkohol.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Yamaha XS850 yang sudah dimodifikasi untuk 'meminum' bakar alkohol. (morebikes.co.uk)
Yamaha XS850 yang sudah dimodifikasi untuk 'meminum' bakar alkohol. (morebikes.co.uk)

Mobimoto.com - Perusahaan minuman beralkohol asal Amerika, Montgomery Distilery, berhasil menyulap sebuah sepeda motor dari berbahan bakar bensin menjadi berbahan bakar 'Vodka'. Tak hanya itu, perusahaan ini juga memecahkan rekor kecepatan di 'Bonneville Motorcycle Speed Trials', yang merupakan ajang balapan motor yang bisa diikuti siapa saja yang berniat memecahkan rekor kecepatan.

Menggunakan Yamaha XS850 yang telah dimodifikasi, motor ini mampu melesat melampaui target. Motor yang dinamai 'Sudden Wisdom' ini ditargetkan mampu mencapai kecepatan 98 mph atau sekitar 157 km/jam. Namun motor 'penenggak alkohol' ini malah mampu melampaui target, dengan kecepatan 113 mph atau secepat 182 km/jam.

Yamaha XS850 yang diproduksi 1980. (motorcyclespecs.co.za)
Yamaha XS850 yang diproduksi 1980. (motorcyclespecs.co.za)

Mengenai bahan bakar, motor ini tidak menggunakan sembarang minuman beralkohol, melainkan menggunakan limbah hasil industri Vodka yang telah melalui proses penyulingan. Menurut pihak Montgomery, ide dasar dari bahan bakar ini adalah bagaimana memperoleh ethanol yang bersih dan mudah terbakar.

Beralih ke sepeda motornya, Yamaha XS850 ini merupakan milik dari Ryan Montgomery, si pemilik perusahaan. Pada kondisi standar, motor ini memiliki mesin dengan kubikasi 826 cc dengan mesin DOHC tiga 'transverse' silinder. Motor ini juga mampu menghasilkan tenaga sebesar 57,7 kW pada 8500 rpm.

Keren abis ya?

Berita Terkait

Berita Terkini