Motor

Motor Diesel Buatan Orang Amerika Ini 'Sadis'!

Mesin diesel 840 cc dengan pendingin dari Suzuki Swift dan penggerak roda dari Toyota Camry, kurang greget apa coba?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Magnum Opus. (rideapart.com)
Magnum Opus. (rideapart.com)

Mobimoto.com - Motor yang menggunakan mesin diesel, emang ada? Mungkin itu yang di benak pembaca saat pertama kali mendengar motor ini. Bukan tipu-tipu, motor yang memiliki desain sangat 'gahar' ini memang menggunakan mesin yang berbahan bakar solar. Tak hanya itu, motor ini menggunakan komponen lain yang cukup eksotis.

Sam Turner, seorang warga Amerika Serikat berhasil 'merakit' sepeda motor menggunakan berbagai macam kombinasi onderdil yang 'sangat greget'. Motor yang dinamai 'Magnum Opus' ini menyimpan banyak fitur yang istimewa, apa saja itu?

Mesin Magnum Opus. (rideapart.com)
Mesin Magnum Opus. (rideapart.com)

Motor 'buatan tangan' ini menggunakan mesin diesel bermerk 'Yanmar' dengan kapasitas 840 cc, bersistem pengabutan bahan bakar injeksi dan memiliki konfigurasi mesin 'V-Engine' merupakan satu dari banyak hal yang istimewa. Tak hanya itu, motor ini juga dilengkapi RHB31 turbocharger, dan juga pendingin cairan yang dicomot dari Suzuki Swift. Bisa dibayangkan seberapa 'nampol' performanya.

Turbocharger Magnum Opus. (rideapart.com)
Turbocharger Magnum Opus. (rideapart.com)

Tak hanya itu, motor ini dilengkapi sistem penggerak roda AWD alias 'all wheel drive', yang berarti baik roda depan maupun roda belakang sama-sama berputar, tidak seperti kebanyakan motor konvensional yang hanya menggunakan penggerak roda belakang. Untuk masalah penggerak roda ini, Sam menggunakan 'hydrostatic' yang dihubungkan dengan 'hydrolic hub' dan 'hydrolic gear pump' milik Toyota Camry, membuat kedua rodanya bisa berputar secara individu.

Berita Terkait

Berita Terkini