Motor

Begini Cara Kerja Rem ABS, Biar Anti Selip-Selip Club

ABS hadir untuk menghindari kaliper yang mengunci pada cakram, yang menyebabkan motor mengalami selip alias tergelincir.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Rem ABS (Anti-Lock Braking System). (Pixabay)
Ilustrasi Rem ABS (Anti-Lock Braking System). (Pixabay)

Mobimoto.com - Sudah banyak sepeda motor zaman now, yang menjadikan rem ABS (Anti-Lock Braking System) jadi sebuah nilai jual pada produknya. Tapi memang apa, sih, perbedaan rem dengan ABS atau tanpa ABS? Kalau masih bingung, yuk, kenalan dengan rem ABS (Anti-Lock Braking System)

Secara sederhana, ABS hadir untuk menghindari kaliper yang mengunci pada cakram, yang menyebabkan motor mengalami selip alias tergelincir.

ABS bekerja dengan cara melepaskan cengkeraman pada cakram secara berkala, agar kaliper tidak mengunci disk atau cakram.


Sumber video: Tom Roderick

Anti-Lock Braking System menggunakan sensor untuk membaca seberapa cepat putaran roda depan dan belakang, lalu mengkalkulasi daya cengkeram yang diberikan.

Keuntungan sepeda motor dengan rem ABS adalah, kendaraan dapat berhenti lebih cepat dan menghindari terjadinya selip atau tergelincir, saat lintasan sedang basah.

Nah, rem ABS (Anti-Lock Braking System) ternyata sangat berguna dan mampu meningkatkan keamanan pada sistem pengereman sepeda motor, lho.

Berita Terkait

Berita Terkini