Motor

Kasus Pelecehan Ojol dan Taksi Online, Netizen Berikan Saran

Selalu waspada dan berhati-hati di manapun berada, ya, Sob.

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Kasus Pelecehan Oleh Sopir Ojol dan Taksol (mobimoto.com)
Kasus Pelecehan Oleh Sopir Ojol dan Taksol (mobimoto.com)

Mobimoto.com - Sopir ojol dan taksi online, belakangan ini sedang jadi buah bibir netizen. Maklum, dalam kurun waktu yang berdekatan terjadi dua kali kasus pelecehan yang dilakukan oleh sopir ojol dan taksol kepada pelanggannya.

Kasus yang pertama menimpa seorang perempuan yang dilecehkan melalui pesan singkat WhatsApp, setibanya di rumah setelah pulang bekerja.

Kisah ini dibagikan oleh @calicochim97 di jejaring Twitter, yang dialami oleh temannya. Tak ketinggalan screenshot pesan yang bernada pelecehan yang dilakukan oleh sopir ojol yang mengantarkannya.

Bahkan sopir ojol tersebut sempat mencoba melakukan panggilan video. Tidak terima, pelanggan perempuan tersebut kemudian membalas chat sambil memaki.

Bukannya berhenti, sopir ojol tersebut malah terus meneror dan memberi ancaman jika akun ojek online-nya bermasalah.

Imbasnya, korban pelecehan ini syok berat hingga tdak berani keluar rumah dan pergi bekerja.

Kasus Pelecehan yang Dilakukan via Pesan WhatsApp oleh Sopir Ojol. (Twitter/calicochim97)
Kasus Pelecehan yang Dilakukan via Pesan WhatsApp oleh Sopir Ojol. (Twitter/calicochim97)

Menanggapi hal ini, netizen @planetpangandaran memberikan saran ''Buat yg naik transportasi online dan naik atau turun dari tempat kerja atau rumah tolong geser dikit tempat jemput atau turunnya, jadi privasi tempat kerja atau rumah kalian gak ada yang tahu, jalan dikit gpp kan? turun 2-3 gedung sebelum atau sesudah rumah atau kantor kalian. Be safe!''

Kasus pelecehan yang berikutnya dialami seorang penumpang taksi online. Tersebar di jejaring Instagram, diceritakan bahwa sopir taksol bahkan sampai nekat melakukan tindakan pelecehan fisik.

Kasus Pelecehan yang Dilakukan Sopir Taksi Online, yang Ramai di Jejaring Instagram. (Instagram/lambe_ojol)
Kasus Pelecehan yang Dilakukan Sopir Taksi Online, yang Ramai di Jejaring Instagram. (Instagram/lambe_ojol)

Serupa dengan tindakan sopir ojol, sopir taksol ini juga mengancam korban untuk memberikan bintang lima, agar tidak mendapat penilaian buruk, yang menyebabkan akunnya dibekukan.

Kabarnya, hal ini sudah diadukan ke penyedia jasa layanan transportasi online tersebut.

''Dilaporin ke polisi la, di suspend doang gak cukup itu,'' tulis @lidiatobingg di kolom komentar.

Sementara akun @gopta69 menyarankan untuk perempuan, agar bisa menguasai self defense ''Untuk sekarang buat perempuan yg kemana2 sendiri. Usahain bisa dasar self defense, kalau bawa alat seperti taser (digunakan untuk menyetrum) atau semprotan merica...''

Pelecehan yang dilakukan oleh sebagian kecil sopir ojol dan taksol ini, jelas membuat citra ojek online dan taksi online.

Menyimpan nomor darurat yang bisa dihubungi setiap saat dan memahami self defense, setidaknya bisa sedikit membantu mencegah tindakan pelecehan yang bisa terjadi di manapun.

Berita Terkait

Berita Terkini