Motor

Ternyata Honda Pernah Digugat Harley-Davidson, Kenapa ya?

Tapi gugatan Harley-Davidson kepada Honda tidak lama kok, Sob.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Harley-Davidson Gugat Honda. (MobiMoto.com)
Harley-Davidson Gugat Honda. (MobiMoto.com)

Mobimoto.com - Salah satu produsen kendaraan terbesar asal Jepang, Honda ternyata pernah bermasalah dan digugat oleh pabrikan motor asal Amerika, Harley-Davidson, pada era 90an.

Harley-Davidson memang dikenal sebagai produsen sepeda motor yang punya ciri khas dan gaya tersendiri.

Pada 1980 hingga 1990, Harley-Davidson punya reputasi yang kurang baik, karena menjual sepeda motor jenis Cruisers dengan harga yang tidak wajar.

Sementara pabrikan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha lebih bisa diterima karena sepeda motor mereka lebih universal.

Pada 1995, Honda sempat memproduksi sebuah motor jenis Cruisers bernama Honda Shadow atau Honda ACE (American Classic Edition) yang punya desain mirip dengan Harley-Davidson.

Honda Shadow (American Classic Edition) yang Bikin Harley-Davidson Menggugat Honda. (YouTube)
Honda Shadow (American Classic Edition) yang Bikin Harley-Davidson Menggugat Honda. (YouTube)

Honda Shadow memang menyasar pasar Amerika, untuk menggoyang dominasi Harley-Davidson. Namun Harley-Davidson menganggap Honda mencuri desain mereka, hingga akhirnya menggunggat ke pengadilan.

Tidak hanya desain, HD (Harley-Davidson) juga mempermasalahkan penggunaan mesin V-Twin yang membuat suara Honda Shadow serupa dengan Harley-Davidson, tapi karena mesin V-Twin tidak memiliki paten tersendiri, maka pabrikan motor asal Milwaukee tidak bisa menuntut permasalahan mesin.

Karena pihak pengadilan tidak segera memproses aduan Harley-Davidson, hingga mereka memutuskan untuk tidak lagi memperpanjang masalah ini.

Pihak Honda sendiri tetap memproduksi Honda Shadow, tapi hanya bertahan sebentar saja, hingga Honda memproduksi Honda Aero dan Honda Sabre sebagai penerus Honda Shadow.

Ada-ada saja ya, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini