Motor

Yamaha RX 100, Sang Legenda yang Mati Termakan Usia

Motor legendaris ini kini hanya tinggal nama.

Rauhanda Riyantama | Husna Rahmayunita

Yamaha RX 100. (cartoq.com)
Yamaha RX 100. (cartoq.com)

Mobimoto.com - Meski produk baru terus menggempur pasar otomotif, tapi sang legenda tak bisa dilupakan begitu saja. Seperti halnya dengan Yamaha RX 100 yang dulu terkenal sebagai primadona.

Diproduksi oleh perusahaan Jepang, Yamaha, motor tersebut kemudian diperjualbelikan di negara berkembang seperti India dan Indonesia.

Di India, motor tersebut diklaim sebagai penerus dari motor pabrikan lokal bernama Radjoot 350. Bodinya mirip dan hampir sulit dibedakaan.

Sedikit menilik sejarah, Yamaha RX 100 pertama kali muncul di tahun 1985. Selang 11 tahun, motor tersebut kemudian dihentikan produksinya. Namun begitu masih banyak yang orang yang menyimpan motor legendaris tersebut.

Menjadi primadona di zamannya, motor Yamaha RX 100 memiliki ukuran 2040 x 740 x 1060 mm dan ground clearance 765 mm. Sedangkan untuk jeroan, motor itu mengandalkan mesin 98 cc 2 stroke, berpendingin udara, satu silinder, kekuatan maksimal 11 HP dan torsi puncak 10,39 Nm.

Yamaha RX100. (zigwheels.com)
Yamaha RX 100. (zigwheels.com)

Pun jika ada pertanyaan kenapa motor itu tidak diproduksi lagi ada jawaban yang cukup jelas. Dikutip dari laman zigwheels.com, perusahaan Yamaha memiliki alasan kuat untuk tidak memproduksi motor itu lagi.

Selain karena masalah uji emisi, perusahaan tidak mau ambil risiko menjual model klasik dengan harga yang murah. Jadi penggemar Yamaha RX 100 jangan berharap lebih.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.