Motor

Zapp i300, Motor Listrik dengan Kekuatan Setara Motor Sport

Skuter berbaterai tapi kencang bukan main.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Skuter listrik Zapp i300cc. (electronicmotorcyclenews.com)
Skuter listrik Zapp i300cc. (electronicmotorcyclenews.com)

Mobimoto.com - Kendaraan listrik naik daun, merek baru bertajuk Zapp i300 pun menyapa penggemar. Meski belum masuk ke Indonesia, bisa dipastikan kehadirannya menyaingi pesona Gesits.

Seperti yang diketahui, publik Indonesia sempat gempar saat Presiden Jokowi menunggangi Gesits yang diklaim sebagai skuter listrik nasional pertama di dunia. Tapi Zapp i30o tak boleh diabaikan begitu saja.

Diperkenalkan akhir Oktober 2018, Zapp i300 diproduksi oleh perusahaan motor listrik dari Inggris. Beda dari pada yang lain, kendaraan ini setara dengan motor sport berkapasitas 300 cc.

Ya, Zapp i300 hadir sebagai maxi skuter. Bobotnya 90 kg dana mampu mengeluarkan tenaga maksimal 20HP dan torsi puncak 587 Nm. Motor itu dapat menempuh kecepatan maksimal 60 mph dengan akselearai 0-30 mph hanya dalam waktu 2.35 detik.

Untuk tenaga, Zapp i300 dibekali baterai yang mirip laptop. Baterai tersebut berkapasitas 125 kWh, dapat dilepas pasang dan memiliki bobot kurang dari 5kg.

Yang tak kalah menarik, motor listrik Inggris itu memiliki fitur pengereman regeneratif. Jadi tenaga listrik dapat disuplai secara otomatis meski throttle ditutup.

Skuter listrik Zapp i300cc. (electronicmotorcyclenews.com)
Skuter listrik Zapp i300cc. (electronicmotorcyclenews.com)

Tak cukup sampai di situ, Zapp i300 juga didukung ban lebar 140/60 dan sistem pengereman cakram plus empat piston Anti Lock Breaking System (ABS).

Jeroan sudah diumbar, tapi sayangnya untuk harga Zapp i300 masih misterius. Terlepas dari semuanya, motor listrik ini diklaim dapat menjadi alternatif baru transportasi perkotaan.

''Dengan kualitas udara di kota yang kian membutuh dan jalanan yang makin padat, dunia membutuhkan alternatif baru untuk transportasi perkotaan. Dengan desain revolusioner, kinerja yang memukau, kami percaya Zapp i300 adalah solusi mobilitas perkotaan yang dicari orang,'' ungkap Swin Cahtsuwan, Kepala Eksekutif Zaap seperti yang dikutip dari laman Motorcyclenews.

Berita Terkait

Berita Terkini