Motor

Yuk Kenalan dengan Motor Pemenang Rally Dakar Pertama, XT500

Motor eksotik dari Yamaha ini sesakti apa sih?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Yamaha XT500. (parisdakar.it)
Yamaha XT500. (parisdakar.it)

Mobimoto.com - Yamaha XT500 merupakan pemenang dari dua balapan Rally Paris-Dakar pertama yang dihelat 1977. Pada saat itu motor ini membuat orang tercengang dengan tampil sebagai pemenang di kelas Motocross World Championship 500cc.

Pada jamannya, motor ini merupakan rival berat dari BMW R80GS yang merupakan motor adventure kondang pada saat itu. Dibanding para rivalnya, apa sih yang membuat motor ini unggul? Berikut ulasannya.

Dibanding motor satu segmen buatan para rival, motor ini tergolong memiliki desain simpel namun tangguh dan 'tahan banting'. Dan tentu saja ketahanan motor sangat diperlukan untuk berlaga di ajang Rally Paris-Dakar.

Yamaha XT500. (wikipedia.org)
Yamaha XT500. (wikipedia.org)

Mengusung mesin setipe dengan SR500/SR400, motor ini memiliki kapasitas 499cc SOHC dengan pendingin udara dan dua klep. Motor ini juga masih menggunakan karburator, mengingat pada masa itu pengaplikasian teknologi injeksi belumlah populer.

Dilengkapi dengan transmisi5 percepatan manual, rangka baja tubular, suspensi belakang ganda, dan suspensi hidrolik di depan membuat motor ini mampu untuk melibas kerasnya medan Paris-Abidijan-Nice.

Motor ini diproduksi dari 1976 hingga 1989, hingga motor ini mengalami perombakan untuk menghadapi produk para rival yang juga berevolusi. Gimana, ada yang punya nggak nih?

Berita Terkait

Berita Terkini