Motor

Orang Ini Ubah Mesin Byson Menjadi Dua Silinder, Suaranya Gahar!

Seberapa kencang larinya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Yamaha Byson karburator generasi pertama. (yamaha-motor.co.id)
Yamaha Byson karburator generasi pertama. (yamaha-motor.co.id)

Mobimoto.com - Pada kondisi standar, mesin Yamaha Byson entah itu versi karburator atau versi injeksi, keduanya hanya memiliki mesin 1 silinder, alias hanya memiliki satu piston. Namun apa jadinya jika motor ini memiliki dua silinder? Pasti bakal bikin penasaran. Seperti yang satu ini.

Mesin Byson V2. (Facebook/Bekakas)
Mesin Byson V2. (Facebook/Bekakas)

Sejumlah foto dan video diunggah di media sosial Facebook oleh akun bernama Bayu di grup BEKAKAS. Foto dan video ini memperlihatkan modifikasi dari mesin yang disinyalir merupakan milik Yamaha Byson. Mesin tersebut 'dicekoki' dua buah piston, membuat suranya begitu gahar saat dinyalakan.

Dalam video tersebut, terlihat banyak penyesuaian pada mesin Byson, tidak 'asal tancep' piston. Misal, adanya cranckcase mesin Satria Injeksi yang terpasang pada sisi kanan mesin, yang kemungkinan berurusan dengan kopling dan transmisi. Selain itu, mesin tersebut juga terlihat menggunakan blok silinder dan kepala silinder milik Suzuki Satria Injeksi juga.

Dalam postingan tersebut, tidak dijelaskan detil part yang digunakan untuk modifikasi, namun kreatifitas dari sang modifikator patut diacungi jempol. Yang jadi masalah bagaimana memasang mesin tersebut ke rangka motor? Bakal butuh banyak penyesuaian terhadap baik mesin maupun rangka agar mesin tersebut bisa 'nempel'. Tapi yang jelas dari video tersebut, suaranya yahuud, ya nggak, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini