Motor

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Motor-Motor Jangkung

Yuk, cari tahu perbedaannya.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

Ilustrasi Sepeda Motor Enduro. (Casale Poggio Nebia)
Ilustrasi Sepeda Motor Enduro. (Casale Poggio Nebia)

Mobimoto.com - Pasar sepeda motor di Indonesia saat ini sedang dikuasai oleh motor matic bongsor macam Yamaha N-Max atau Honda PCX. Sementara sepeda motor jenis sport, touring, motor cross atau adventure lebih tersegmentasi.

Ngomong-ngomong soal sepeda motor jangkung, seperti Honda CRF, Kawasaki Versys, Kawasaki KLX hingga BMW seri GS sebenarnya ada yang membedakan, lho. Terkadang, orang masih sering menggeneralisir semua itu sebagai jenis yang sama, motor cross atau motor trail.

Padahal, dilihat dari bentuk dan kebutuhan yang diciptakan oleh produsen sudah berbeda, lho. Kamu masih bingung membedakan jenis motor-motor jangkung di atas? Kali ini, Mobimoto.com mau ngasih tau kamu perbedaannya. Yuk, disimak.

1. Adventure

KTM 1290 Super Adventure S. (ridermagazine.com/Kevin Wing)
KTM 1290 Super Adventure S. (ridermagazine.com/Kevin Wing)

Sepeda motor jenis ini, menurut RideApart merupakan sepeda motor bagi orang yang menginginkan sebuah sepeda motor touring, namun masih bisa dan mampu diajak melewati lintasan off-road.

Ciri khas sepeda motor adventure antara lain, penggunaan ban off-road, suspensi yang lebih empuk dan tenaga mesin di putaran bawah yang mampu membuat motor melaju baik di jalan aspal maupun di medan off-road. Tapi, jangan terlalu memaksakan menggunakan motor adventure untuk kegiatan yang lebih ekstrem ya, Sob.

2. Dual Sport

Ilustrasi Motor Dual Sport. (Revzilla)
Ilustrasi Motor Dual Sport. (Revzilla)

Makna dual sport, tentu saja mudah dipahami bahwa sepeda motor jenis ini bisa diajak berkendara di jalanan aspal maupun jalanan off-road. Mirip dengan sepeda motor adventure, ya. Tapi yang membedakan adalah, sepeda motor jenis ini kurang nyaman untuk digunakkan dalam perjalanan touring jarak jauh dan tenaganya yang biasa-biasa saja.

3. Enduro

Ilustrasi Sepeda Motor Enduro. (Casale Poggio Nebia)
Ilustrasi Sepeda Motor Enduro. (Casale Poggio Nebia)

Nah, sepintas motor enduro akan terlihat mirip dengan sepeda motor dual sport, kan. Tapi, sepeda motor jenis ini lebih dikhususkan untuk kamu yang hobi main di lintasan off-road.

4. Supermoto

Ilustrasi Supermoto. (YouTube)
Ilustrasi Supermoto. (YouTube)

Lagi-lagi, secara bentuknya, sepeda motor jenis supermoto terlihat begitu mirip dengan motor dual sport atau motor enduro. Perbedaan yang cukup mudah terlihat adalah jenis bannya, Sob. Meski jangkung, supermoto lebih cocok digunakan di jalanan aspal karena jenis ban yang digunakkan.

Selain itu, supermoto juga cocok digunakkan untuk membelah jalanan perkotaan karena punya handling yang bagus.

Nah, sekarang udah nggak bingung lagi dong, perbedaan antara sepeda motor jenis adventure, dual sport, enduro dan supermoto?

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.