Motor

Pengendara NMax Lepas Stang di Jalanan! Sembrono, Tapi Bikin Kepo

Kok bisa tetap jalan ya? Pakai apa sih?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Pengendara NMax sembrono. (Instagram/@bmspeed7)
Pengendara NMax sembrono. (Instagram/@bmspeed7)

Mobimoto.com - Aksi sembrono seorang pengendara motor kembali menjadi buah bibir. Sebuah video yang diunggah ke media sosial Instagram ini memperlihatkan seorang pengendara sebuah maxy scooter berjenis Yamaha NMax tengah melintasi sebuah jalan raya.

Namun pengendara tersebut tidak memegang sama sekali kemudi motor, alias "lepas stang". Kejadian ini tentu bisa membahayakan baik pengendara itu sendiri maupun orang lain. Namun ada sesuatu yang patut diperhatikan oleh para bikers. Bagaimana NMax tersebut tetap bisa berjalan? Auto pilot? Motor otonom? Cruise Control?

Bukan. Auto pilot hanya terdapat pada pesawat, sementara untuk motor otonom, teknologi masih belum berkembang sepesat itu untuk adanya motor otonom diproduksi massal.

Bukan Cruise Control juga, karena hanya pada motor gede dan mobil-mobil tertentu yang dilengkapi fitur ini. Lantas ada fitur apa itu?

Ilustrasi Throttle Lock. (ridergroups.com)
Ilustrasi Throttle Lock. (ridergroups.com)

 

Alasan motor ini bisa berjalan diduga karena motor ini memasang sebuah alat khusus yang biasa disebut throttle lock alias pengunci gas. Dengan alat ini, motor bisa mempertahankan kecepatannya lantaran tuas gas 'dikunci' sehingga motor tetap mempertahankan kecepatan yang sama. Lihat pada foto dan video di atas, ada 'sesuatu' pada tuas gas kan?

Penggunaan alat ini berisiko mengingat kadang ada sesuatu yang tiba-tiba terjadi saat berkendara, membuat respons pengendara menjadi serba terlambat mengantisipasinya. Kebijaksanaan pengendara diperlukan untuk penggunaan alat ini.

Berita Terkait

Berita Terkini