Motor

Tradisi unik Mandi Kembang bagi Motor Baru di Indramayu, Nusantara Banget!

Katanya sudah turun temurun, lho.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Motor Mandi Kembang. (Facebook/Iin Indrawati)
Motor Mandi Kembang. (Facebook/Iin Indrawati)

Mobimoto.com - Saat beli motor baru, rasanya pasti sudah nggak sabar untuk mengajaknya keliling komplek, sembari menunggu plat nomor dan STNK turun. Di Indramayu, ada sebuah tradisi unik nih, Sob. Sebuah video di jejaring Facebook terlihat sebuah motor yang sedang mandi kembang, padahal motornya masih gres, lho.

Video diunggah oleh netizen bernama Iin Indrawati di jejaring Facebook. Kelihatannya, sepeda motor berwarna hitam dengan kelir merah tersebut adalah sebuah Yamaha R15.

Awalnya terlihat seorang pria berpakaian oranye mengitari motor ini beberapa kali. Terlihat pula cukup banyak warga yang menyaksikan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Setelah mengitari, pria berpakaian oranye ini pun kemudian menyuruh salah seorang, yang sepertinya pemilik motor tersebut untuk menghidupkan motornya.

Setelah itu, masih dalam keadaan mesin menyala, pria paruh baya berpakaian oranye ini menyirami motor tersebut dengan air yang telah disiapkan di sebuah baskom.

Belum selesai, pria itu pun mengambil sebuah baskom lagi yang isinya adalah air kembang. Dengan telaten, pria ini menyirami sepeda motor dari belakang ke depan hingga merata.

Cukup banyak netizen yang belum tahu, kalau kegiatan mandi kembang pada Yamaha R15 ini adalah salah satu bentuk syukur masyarakat setempat. Dipercaya juga untuk menghindarkan motor dan pemiliknya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

''Bukan musyrik atau berdukun mbah, tetep kita minta pertolonga kepada yang di atas. Cuma setiap daerah adatnya berbeda. Namanya juga Indonesia'' kata Yudda Bronkfeetz.

''Adat buat keselamatan dan keberkahan mbah. Biasanya disiram air kembang. Atau nyebar uang recehan buat tetangga2nya. ya semacam selametan udah bisa beli motor itu.'' Jelas Adit di kolom komentar.

Tradisi nenek moyang Nusantara banget kan, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini