Motor

Agar Lebih Aman, Inilah Standar Keamanan Helm Terbaru yang Dikeluarkan FIM

FIM mengklaim bahwa standar keamanan helm terbaru ini akan lebih tinggi dari standar SNELL, ECE atau JIS.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Helm. (Unsplash/Prince Abid)
Ilustrasi Helm. (Unsplash/Prince Abid)

Mobimoto.com - Helm merupakan barang yang wajib digunakan ketika berkendara dengan sepeda motor. Terus berkembangnya teknologi helm membuat standarisasi helm juga harus diperbarui, agar bisa mengikuti perkembangan zaman sekaligus meningkatkan keamanan.

Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) yang merupakan organisasi internasional di bidang balap sepeda motor, memperkenalkan standar baru teknologi keamanan di helm, khususnya di ajang balap dunia seperti MotoGP, Moto2 atau Moto3.

Standar baru helm ini akan mulai berlaku mulai per 2019 ini, Sob. Meski begitu, FIM tidak memaksa pabrikan helm untuk menerapkan teknologi yang mereka anjurkan.

Ada dua poin yang ditekankan FIM pada standar keamanan helm teranyar ini. FIM, menganjurkan kalau helm harus bisa melindungi kepala dari benturan langsung (linier) dan harus bisa memastikan seluruh sisi kepala pemotor tetap aman di dalam helm. Helm yang bagus, harus bisa memproteksi keduanya, seperti dilansir ADV Rider.

Nantinya, seluruh helm yang masuk ke ruang uji FIM akan menjalani serangkaian tes, diantaranya uji tekanan, benturan di kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah, dan benturan dari berbagai sisi.

Jika sebuah helm dinyatakan lulus uji yang dilakukan FIM, maka akan diganjar sebuah sertifikat hologram dan kode QR.

Sertifikat Hologram Beserta Kode QR yang Dikeluarkan Oleh FIM, Untuk Standar Keamanan Helm Terbaru. (ADV Rider)
Sertifikat Hologram Beserta Kode QR yang Dikeluarkan Oleh FIM, Untuk Standar Keamanan Helm Terbaru. (ADV Rider)

Alasan FIM melakukan pembaruan di standar keamanan helm ini, tak lain dan tak bukan karena adanya perbedaan standar di masing-masing kelas balap, dan ke depannya, FIM ingin agar semua helm punya tingkat keamanan yang sama.

''Saya yakin, standar keamanan helm terbaru ini akan penting untuk pabrikan helm untuk membuat produk helm terbaik, antar pabrikan pun akan berusaha untuk mendapatkan homologasi ini. Saya merasa ini akan menjadi keuntungan untuk siapapun. Selain itu, homologasi ini pun akan jadi sebuah hadiah dalam perkembangan yang dilakukan oleh pabrikan.'' Ujar Fabio Muner, Marketing Director FIM.

Berita Terkait

Berita Terkini