Motor

Kenalan dengan Motor Imut yang Dipakai Marquez untuk Latihan Pasca Cedera

Motor ini memiliki dimensi yang jauh dari RC213V yang bakal bikin penasaran.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Honda NSF100 yang dipakai Marquez. (Instagram/@motogp)
Honda NSF100 yang dipakai Marquez. (Instagram/@motogp)

Mobimoto.com - Setelah absen selama sekitar dua bulan dari lintasan balap karena cedera, Marc Marquez terpantau kembali latihan di atas sirkuit. Namun tidak seperti biasanya di mana pembalap MotoGP asal Spanyol ini menggunakan RC213V, kali ini dirinya menggunakan motor yang terkesan 'mini' jika dibandingkan motor balap resminya. Kira-kira motor apa itu?

Motor tersebut adalah Honda NSF100 mini racer. Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bahwa Marquez dikabarkan akan menghadapi sesi te pramusim di Sepang dalam kondisi yang tidak fit.

Untuk itu, dirinya yang telah lama absen di atas sirkuit tentu perlu proses adaptasi, yakni dengan mengendarai motor yang 'mudah' dipacu, seperti halnya motor ini.

Honda NSF100. (hondaracingcorperation.com)
Honda NSF100. (hondaracingcorperation.com)

Mengenai spesifikasi motor, sebenarnya motor ini dilengkapi dengan mesin yang tergolong biasa-biasa saja. Yakni mesin berkapasitas 99,2 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,2 kW dan torsi sebesar 7,4 Nm.

Honda NSF100. (hondaracingcorperation.com)
Honda NSF100. (hondaracingcorperation.com)

Tak hanya itu, motor yang dilengkapi dengan mesin 4-tak satu silinder dengan pendingin udara ini dilengkapi dengan sistem transmisi 5 percepatan dan masih memakai karburator.

Untuk masalah banderolh harga, kabarnya motor ini dijual dalam harga yang beragam, sekitar 500 ribu-an Yen Jepang atau sekitar Rp 63 jutaan. Mahal juga ya?

Selain dipakai oleh Marc Marquez, motor ini diproduksi untuk proses latihan balap tim HRC. Tak hanya itu, motor ini jugalah yang digunakan untuk proses penjenjangan karir balap di Jepang sana.

Berita Terkait

Berita Terkini