Motor

Bermodalkan Pendengaran, Mekanik Tuna Netra Ini Sukses Bangun Bengkel Motor

Tak melihat bukan berarti tak mendengar.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita

Azhar bin Ibarahim, mekanik tuna netra. (Facebook/Bernama)
Azhar bin Ibarahim, mekanik tuna netra. (Facebook/Bernama)

Mobimoto.com - Orang dengan berkebutuhan khusus sering diabaikan dan dipandang rendah oleh lingkungan, tapi tidak dengan mekanik tuna netra asal Malaysia berikut ini. Berkat kegigihannya, pria bernama Azhar bin Ibrahim berhasil membangun bengkel motor.

Kesuksesan Azhar bin Ibrahim pun menuai perhatian. Banyak orang yang penasaran dengan sosoknya dan berbondong-bondong pergi ke Bengkel Motosikal Azhar yang berlokasi di Kampung Batu Enam, Jalan Tanjung Tualang, Perak, Malaysia.

Menilik latar belakangnya, Azhar yang berkebutuhan khusus atau Orang Kelainan Upaya (OKU) merupakan anak kelima dari enam bersaudara yang terlahir dari keluarga sederhana. Meski tuna netra, sang ibu mendidiknya untuk mandiri sejak dini. 

Hal itulah yang membuat Azhar bin Ibrahim selalu semangat menjalani hidup layaknya manusia normal. Tuhan pun kemudian menunjukkan kuasaNya, Azhar yang tidak bisa melihat dikaruniai pendengaran lebih.

Azhar bin Ibarahim, mekanik tuna netra. (Facebook/Bernama)
Azhar bin Ibarahim, mekanik tuna netra. (Facebook/Bernama)

Dikutip dari laman peraktoday, sedari kecil Azhar memang  sangat menyukai bunyi-bunyian. Jika ada motor yang datang ke rumah, pria 36 tahun itu langsung penasaran mengutak-atik bagian motor mengandalkan pendengarannya.

Karena hobinya itu, banyak teman yang kemudian memberi pertolongan kepada Azhar agar bisa mengenali bagian-bagian motor. Melihat potensinya banyak agensi yang memberi bantuan sampai Azhar bisa mendirikan bengkel di tahun 2013.

Bengkel Motosikal Azhar. (Facebook/Bernama)
Bengkel Motosikal Azhar. (Facebook/Bernama)

Bengkel Motorsikal Azhar pun kini banyak didatangi para pelanggan dan berbagai daerah. Hebatnya, meski memiliki banyak pelanggan, Azhar bin Ibrahim tetap rendah hati dan selalu bersyukur.

Ia mengaku tidak pernah ingin menjadi kaya, bisa makan, minum dan memiliki pakaian sudah cukup. Selain itu, Azhar bin Ibrahim mengajak orang untuk tidak berhenti belajar meski dalam kondisi terbatas sekalipun.

Inspiratif banget kan Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini