Motor

Tak Cuma Mobil, Motor di Masa Depan Juga Bisa Punya Airbag

Fitur ini diharapkan menjadi perangkat standar pada motor.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Airbag. (YouTube)
Ilustrasi Airbag. (YouTube)

Mobimoto.com - Sudah bukan rahasia bahwa dibandingkan mobil, fitur keselamatan dari sepeda motor lebih sedikit. Pada mobil terdapat banyak fitur keselamatan, sebut saja sabuk pengaman, sensor parkir, air bag dan lain-lain.

Namun,  kedepannya  sepeda motor bakal dilengkapi lebih banyak fitur keselamatan, khususnya airbagTak perlu terlalu lama, bahkan versi awal dari fitur ini telah dijual bebas untuk motor. Seperti video di bawah ini.

 

Video tersebut memperlihatkan rompi airbag buatan perusahaan bernama Helite. Rompi keselamatan ini sayangnya masih dilengkapi dengan 'picu' manual, sehingga penggunanya harus menggembungkan secara manual saat terjadi kecelakaan. Walaupun begitu, airbag  ini mampu menggembung dengan kecepatan 100 mili detik.

Namun tak berhenti di situ, sebuah video viral di internet memperlihatkan konsep terbaru dari airbag untuk motor. Berikut videonya.

 

Berbeda dengan sebelumnya, airbag konsep ini bisa terpicu otomatis, sehingga si pengendara motor yang mengalami kecelakaan tidak perlu repot-repot menarik pelatuk. Selain itu, pada versi konsep ini, airbag tersebut melindungi seluruh bagian tubuh pengendara, bukan hanya bagian perut, dada dan punggung saja seperti airbag di atas.

Kedepannya mungkin naik motor bakal jadi lebih aman dengan adanya teknologi ini.

Berita Terkait

Berita Terkini