Motor

Bubuhi Mesin Honda Monkey Pakai Supercharger, Powernya Ngeri-Ngeri Sedap

Tak lupa mesinnya juga di-bore up!

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Honda Monkey. (Instagram/@lucywiryono)
Ilustrasi Honda Monkey. (Instagram/@lucywiryono)

Mobimoto.com - Honda Monkey adalah motor mini yang memiliki dimensi serba mungil. Naik motor ini seolah-olah seperti menaiki kursi berjalan, mengingat ukuran dimensinya yang kecil. Tak hanya dimensinya, namun juga mesinnya. Motor ini memiliki mesin SOHC 49 cc 1 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 3,4 HP, dalam keadaan standar tentunya.

Namun apa jadinya mesin Honda Monkey kena bore-up menjadi 125 cc ditambah pemasangan supercharger layaknya motor-motor gede? Bakal jadi seberapa nampol motor ini?

Modifikasi Honda Monkey. (Facebook/Juanpy Villan)
Modifikasi Honda Monkey. (Facebook/Juanpy Villan)

Sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Juanpy Vilan ini memperlihatkan modifikasi motor mini Honda Monkey. Mesin motor ini mengalami penambahan kapasitas alias bore-up menjadi 125 cc dari yang sebelumnya cuma 50 cc. Tak hanya itu, motor ini juga terpasang supercharger yang membuat motor ini mampu menghasilkan tenaga yang nonjok abis.

Modifikasi Honda Monkey. (Facebook/Juanpy Villan)
Modifikasi Honda Monkey. (Facebook/Juanpy Villan)

Motor ini kabarnya mampu mencapai tenaga maskimal 28,5 daya kuda dengan putaran mesin maksimal 14.000 RPM. Tenaga yang nampol ditambah lengkingan putaran mesin yang tinggi tentu sensasinya bakal memicu adrenalin.

Untuk selengkapnya, simak video berikut ini.

Dalam video tersebut, Kumasaka selaku penanggung jawab dari proyek modifikasi pemasangan perangkat bore-up mesin 125 cc dan supercharger dari Daytona ini membeberkan bahwa dirinya terkejut dengan hasil garapan tersebut.

''Motor ini berbeda dengan apa yang pernah saya rasakan saat memasang supercharger. Di motor ini, torsinya masih normal-normal saja namun saat digeber di gigi 3 dan gigi 4 terjadi akselerasi yang menakjubkan.'' ujar Kumasaka dikutip melalui video tersebut.

Modifikasi ini tentu bakal membuat para penggemar otomotif roda dua kepincut. Ada yang berminat melakukan hal yang sama dengan motornya?

 

Berita Terkait

Berita Terkini