Motor

Honda Siapkan Model Baru Africa Twin dengan Mesin Lebih Besar, Seperti Apa?

Semakin diminati, Honda siapkan model baru Africa Twin dengan ukuran dan mesin yang lebih besar.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

CRF 1000L Africa Twin menerjang medan bebatuan. (astra-honda.com)
CRF 1000L Africa Twin menerjang medan bebatuan. (astra-honda.com)

Mobimoto.com - Jumlah sepeda motor adventure memang tidak banyak jumlahnya, setidaknya, masing-masing produsen punya satu andalan yang diterjunkan untuk diajak berpetualang. Salah satu nama baru di kelas motor adventure adalah Honda Africa Twin. Baru berusia lima tahun, Honda sudah menyiapkan model baru Honda Africa Twin dengan mesin lebih besar.

Melansir dari Bennets, sumber terpercaya di Jepang mengatakan kalau Honda tengah menyiapkan model baru Africa Twin untuk tahun 2020, dengan mesin yang lebih besar lagi.

Lebih detail, sumber tersebut mengatakan kalau model baru Honda Africa Twin akan menggunakan mesin 1080cc, dari sebelumnya 998cc, serta tenaga yang naik sekitar 5 daya kuda. Meski tidak terlalu signifikan, tapi masih cukup masuk akal, mengingat regulasi emisi Euro 5 yang akan diterapkan pada 2020.

Model baru Honda Africa Twin yang sedang digodok oleh produsen asal Jepang ini, seperti memperlihatkan kalau mereka tidak ingin ketinggalan dengan produsen lain dalam lini motor adventure.

BMW dengan R1200GS dan F800GS, jelas belum mampu dikejar oleh Honda. Melihat spesifikasi singkat di atas, rasanya, Honda masih bisa menempel motor asal Austria, KTM 1050 Adventure.

Meningkatkan kapasitas mesin pada model baru Africa Twin memang dirasa perlu, Sob. Setidaknya untuk terus mengejar BMW R1250GS, BMW F850GS, KTM 790 Adventure dan Triumph Tiger 800.

CRF 1000L Africa Twin (astra-honda.com)
CRF 1000L Africa Twin (astra-honda.com)

Memang belum ada detail lebih lanjut mengenai model baru Honda Africa Twin, tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa diprediksi. Misalnya, penggunaan DCT (Dual-Clutch Transmission) yang merupakan salah satu nilai jual dari Honda Africa Twin.

Lalu kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar, mungkin jadi 20 liter? Juga varian adventure sport yang bisa memberikan kapasitas tangki 24 liter? Tentu untuk menyokong kapasitas mesin yang lebih besar.

Tidak berlebihan juga, kalau berharap Honda akan menghadirkan sasis baru juga model lampu depan yang lebih segar.

Pecinta motor adventure pasti sudah tidak sabar menanti, kan? Kita tunggu aja, bakal seperti apakah model baru Africa Twin yang tengah disiapkan Honda.

Berita Terkait

Berita Terkini