Motor

Ini Wujud Motor Elektrik Harley-Davidson yang Dibuat 40 Tahun Lalu

Insinyur ini punya ide gila, untuk membuat sepeda motor elektrik dari sebuah Harley-Davidson.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)
Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)

Mobimoto.com - Sepeda motor elektrik memang menjadi tren saat ini, produsen sekelas Harley-Davidson saja sampai turut memproduksi sepeda motor elektrik, Livewire. Tapi kamu tahu nggak, kalau 40 tahun yang lalu ada seorang insinyur yang berhasil menciptakan sepeda motor elektrik dari sebuah motor Harley-Davidson. Seperti apa sih, wujudnya?

Dengan banderol harga Rp 420 juta, sepeda motor elektrik Harley-Davidson Livewire cukup berhasil mendobrak tradisi. Produsen yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat ini berhasil membuat sepeda motor elektrik yang komplet.

40 tahun lalu, tepatnya pada 1978, insinyur dari Honolulu, Hawai, bernama Steve Fehr memiliki ide gila untuk mengubah sebuah Harley-Davidson menjadi sebuah sepeda motor elektrik.

Seperti dilansir dari Electrek, Steve Fehr bersama timnya di Transitron Electric Corporation pun memulai proyek gila, mengganti mesin Harley-Davidson dengan mesin motor elektrik.

Pengerjaan dimulai dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Pada sketsa tersebut terlihat detail bagian mana saja yang akan dikerjakan oleh Steve Fehr dan timnya. Dalam proyek ini, Steve Fehr menggunakan sebuah Harley-Davidson XLH Sportster lansiran tahun 1971.

Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)
Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)

Harley-Davidson XLH Sportster tahun 1971, punya mesin asli 900cc, yang kemudian digantikan dengan motor elektrik 24V 90A yang terhubung ke belt drive dan transmisi otomatis empat percepatan.

Untuk dayanya, Steve Fehr menggunakan empat baterai dengan timbal. Bukan pilihan yang bagus sih, tapi saat itu, di tahun 1978, memang tidak banyak pilihan.

Kabarnya, Harley-Davidson XLH Sporster yang telah dielektrifikasi ini mampu melaju hingga, maksimal 80 kilometer per jam.

Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)
Sepeda Motor Elektrik Harley-Davidson. (Electrek)

Proyek ini memang tidak terdengar gaungnya, entah karena alasan apa. Tapi investasi sebesar Rp 984 juta yang dilakukan oleh Steve Fehr dan timnya patut diapresiasi. Akhirnya, sepeda motor elektrik Harley-Davidson yang pernah dibuat 40 tahun yang lalu ini dilelang pada 2014 senilai Rp 154 juta.

Berita Terkait

Berita Terkini