Motor

Inspirasi Modifikasi, Honda Africa Twin Bergaya Scrambler Tampil Mengancam

Dimodifikasi bergaya scrambler, Honda Africa Twin tetap tampil mengancam.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Honda Africa Four. (More Bikes)
Honda Africa Four. (More Bikes)

Mobimoto.com - Honda CRF 1000 L Africa Twin, atau juga dkenal sebagai Honda Africa Twin sejatinya adalah sebuah motor jenis adventure, dengan tongkrongan yang tinggi dan kekar. Rasanya, agak sulit membayangkan sosok gagah Honda Africa Twin mendapat sentuhan modifikasi gaya scrambler. Tapi ternyata, hasilnya tetap keren, kok. Tetap tampil 'mengancam'.

Motor gaya scrambler, sebetulnya merupakan jenis street bikes yang mampu diajak berkotor-kotor ria di medan off-road.

Meski punya bentuk yang berbeda 180 derajat dengan motor adventure, tapi motor adventure merupakan keturunan langsung dari jenis motor scrambler, karena bisa diajak melibas medan aspal maupun lintasan off-road.

Dilansir Ride Apart, sebuah diler Honda Brivamo di Swiss pun mewujudkan gagasan motor scrambler dengan basis dari Honda Africa Twin

Honda Africa Four. (Ride Apart)
Honda Africa Four. (Ride Apart)

Eits, tapi yang digunakan pada proyek modifikasi ini ternyata sebuah Honda CB1000R, sebuah motor sport naked dari Honda. Mereka menyebut sepeda motor tersebut sebagai Africa Four CRF1000R.

Lebih detail, bagian sasis, tangki bahan bakar dan mesin mengambil dari Honda CB1000R, dengan spesifikasi mesin empat silinder segaris 998cc.

Honda Africa Four. (More Bikes)
Honda Africa Four. (More Bikes)

Sementara itu bagian suspensi depan dicomot dari Honda CRF450R yang diadaptasi ke dalam sasis Honda seri CB.

Africa Four menggunakan setang model fatbar, lengkap dengan handguards. Bagian mesin juga dilindungi oleh crashbar, dan aksesori khas scrambler lain seperti footstep bergerigi, mudguard dengan posisi tinggi di bagian depan serta penggunaan pelek dengan aksen Y.

Ternyata, begini ya hasilnya jika Honda Africa Twin dimodifikasi ala motor scrambler, tetap tampil gagah dan mengancam.

Berita Terkait

Berita Terkini