Motor

Studi: Naik Motor Jadi Terapi yang Baik untuk Mantan Pejuang

Terapi yang gampang didapatkan.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ilustrasi naik motor. (unsplash)
Ilustrasi naik motor. (unsplash)

Mobimoto.com - Aktivitas naik motor dianggap sebagai hiburan bagi beberapa orang. Sejalan dengan itu, sebuah studi menyebutkan jika naik motor juga menjadi terapi yang baik untuk para veteran.

Dikutip dari laman motorcycleshippers, beberapa tahun terakhir, para peneliti dan psikolog melakukan penelitian tentang manfaat naik motor bagi orang yang sudah lanjut usia. Hasil kemudian didapat, naik motor memiliki manfaat yang mirip dengan berkuda.

Tak hanya memacu adrenalin, naik motor ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan stres jika dilakukan di tempat yang nyaman. Kegiatan itu juga merupakan terapi yang baik khususnya bagi mereka mantan pejuang perang.

Di luar negeri, banyak veteran yang didiagnosis menderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) yang sulit di atasi. PTSD merupakan salah satu efek samping yang didapat para pejuang perang setelah kembali ke rumah.

Kaum veteran yang terbiasa hidup dengan penuh tekanan dan kecemasan, biasanya merasakan keanehan ketika kembali ke kehidupan normal. Hal itu tentunya menggangu psikis mereka.

Ilustrasi naik motor. (unsplash)
Ilustrasi naik motor. (unsplash)

Oleh karena itu, J. Paul Rand, Phc, MBA dalam penelitiannya menyebutkan bahwa naik motor dapat merelaksasi tekanan mental dan memberikan solusi untuk para pengendara.

Temuan tersebut berbanding lurus dengan artikel yang dibuat oleh (Barret) Brian Steuber, mantan sersan staf Angkatan Darat Amerika Serikat yang berjudul For Military Veterans, Motorcycle Rode Provides an Antidote to Stress.  Di dalamnya, sang penulis mengaku jika naik motor tidak hanya memberikan hiburan tapi juga meningkatkan kualitas hidup seseorang.

"Resep medis saya adalah 800 pon logam dan krom buatan Amerika (motor gede). Tidak ada obat yang mampu melebihi hal itu, itu alasannya kenapa saya naik motor," (Barret) Brian Steuber.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.