Motor

Tak Banyak yang Tahu, Motor Ini Dibuat dengan Cara Ngeprint

Bukan ngeprint gambar di kertas lho ya.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Honda Monkey hasil 3D printing. (rideapart.com)
Honda Monkey hasil 3D printing. (rideapart.com)

Mobimoto.com - Kemajuan teknologi sudah mencapai ke tahap yang tak terprediksi. Banyanya penemuan yang mindblowing merambah ke berbagai sektor.  Salah satunya di sektor otomotif. Mobil listrik? Mobil swakemudi? Bahkan motor terbang satu-persatu mulai menampakkan dirinya.

Tak berhenti di situ, industri sepeda motor kelak bakal 'dihantam' dengan teknologi yang satu ini. Teknologi apa? Yup, teknologi 3D printing. Mulanya hanya bisa digunakan untuk mencetak beraneka macam objek berbahan plastik, namun kini teknologi tersebut sudah mencapai tahap selanjutnya, yakni printer alumunium.

Honda Monkey hasil 3D printing. (rideapart.com)
Honda Monkey hasil 3D printing. (rideapart.com)

Dan salah satu 'produk' dari teknologi tersebut adalah sebuah motor yang dibuat dengan cara ngeprint. Seperti yang satu ini. Motor dengan bentuk serupa dengan Honda Monkey ini dibuat dengan printer 3D dengan 'tinta' alumunium.

Dikutip dari Rideapart, motor ini diprint oleh VIBA, sebuah perusahaan asal Perancis. Tentu tak langsung jadi, motor ini dibuat dengan 'ngeprint' satu persatu komponennya. Walaupun demikian, tidak dijelaskan apakah motor ini berfungsi layaknya motor asli ataukah hanya pajangan. Mengingat bahan baku dari blok mesin yang rumit, tentu terlihat mustahil untuk motor berbahan alumunium ini untuk bisa berfungsi.

Tapi tetap saja, motor ini merupakan sebuah batu loncatan pada kemajuan di industri otomotif. Bukan tak mungkin penggunaan material yang lebih kompleks bakal bisa diwujudkan beberapa tahun ke depan.

Berita Terkait

Berita Terkini